Resume Modul 5 Strategi Pembelajaran di SD Pemilihan Metode Mengajar
KEGIATAN
BELAJAR 2
JENIS
– JENIS METODE MENGAJAR
A. METODE CERAMAH
1. Karakteristik
Proses pembelajaran bersifat pemberian
informasi berupa fakta atau konsep – konsep sederhana. Proses pembelajarannya
dilakukan secara klasikal dan bersifat monoton.
2. Prosedur
Pembelajaran klasikal
3. Persyaratan untuk mengoptimalkan
Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
Menguasai teknik- teknik ceramah
b.
Mampu menggunakan ilustrasi yang sesuai dengan
bahan pelajaran
c.
Menguasai materi pelajaran
d.
Menjelaskan pokok – pokok bahan pelajaran secara
sistematik
e.
Menguasai aktivitas seluruh siswa dalam kelas
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
Siswa mampu mendengarkan dan mencatat bahan
pelajaran yang dijelaskan guru
b.
kemampuan awal siswa berhubungan dengan materi
c.
memiliki suasana emosional yang mendukung
4. Keunggulan
a.
Dianggap ekonomis waktu
b.
Target jumlah siswa akan lebih banyak
c.
Bahan pelajaran sudah dipilih / dpersiapkan
d.
Apabila bahan belum dikuasai oleh sebagian siswa
akan lebih mudah untuk member tugas
5. Kelemahan
a.
sulit bagi siswa yang kurang memiliki kemampuan
menyimak
b.
kemungkinan menimbulkan verbalisme
c.
sangat kurangmemberikan kesempatan pada siswa
untuk berpartisipasi secara total
d.
peran guru lebih banyak sebagai sumber belajar
e.
materi pelajaran lebih cenderung pada aspek
ingatan
f.
proses pembelajaran ada dalam otoritas guru
B. METODE DISKUSI
1. Karakteristik
Bahan pelajaran harus dikemukakan dengan
topic permasalahan atau persoalan yang menstimulus siswa menyelesaikan
permasalahan/persoalan tersebut. Dibuat kelompok untuk menyelesaikan
permasalahan tersebut.
2. Prosedur
dilakukan dengan membentuk kelompok
3. Persyaratan untuk mengoptimalkan
Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
Mampu merumuskan permasalahan sesuai dengan
kurikulum yang berlaku
b.
Mampu membimbing siswa untuk merumuskan dan
mengidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan
c.
Mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan
kebutuhan dan keampuan
d.
Mampu mengelola pembelajaran melalui diskusi
e.
Menguasai permasalahan yang didiskusikan
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
Memiliki motivasi, perhatian dan minat dalam
diskusi
b.
mampu melaksanakan diskusi
c.
mampu menerapkan belajar secara bersama
d.
mampu mengeluarkan pendapat
e.
mampu memahami dan menghargai pendapat orang
lain
4. Keunggulan
a.
bertukar pikiran
b.
menghayati permasalahan
c.
merangsang siswa untuk berpendapat
d.
mengembangkan rasa tanggung jawab
e.
membina kemampuan berbicara
f.
belajar memahami pendapat atau pikiran orang
lain
g.
memberikan kesempatan belajar
5. Kelemahan
a.
relative memerlukan waktu yang cukup banyak
b.
apabila siswa tidak memahami konsep dasar
permasalahan diskusi tidak akan efektif
c.
materi pelajaran dapat menjadi lebih luas
d.
yang aktif hanya siswa tertentu saja
C. METODE SIMULASI
1. Karakteristik
Pembinaan kemampuan bekerja sama,
komunikasi dan interaksi. Menuntut aktivitas siswa.
2. Prosedur
a.
menetapkan topic
b.
menetapkan kelompok dan topic yang akan dibahas
c.
diawali dengan petunjuk dari guru
d.
proses pengamatan terhadap proses, peran, teknik
dan prosedur dapat dilakukan dengan diskusi
e.
kesimpulan dan saran dari kegiatan simulasi
3. Persyaratan untuk mengoptimalkan
Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
mampu membimbing siswa dalam mealkukan simulasi
b.
mampu memberikan ilustrasi
c.
mampu menguasai pesan dalam simulais
d.
mampu mengamati secara proses
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
kondisi, minat, dan motivasi siswa
b.
pemahaman terhadap materi
c.
kemampuan berkomunikasi dan berperan
4. Keunggulan
a.
siswa dapat melakukan interaksi sosial
b.
aktivitas siswa cukup tinggi
c.
dapat membiasakan memahami permasalahan sosial
d.
membina hubungan personal
e.
dapat membangkitkan imajinasi
f.
membina hubungan komunikatif dan bekerjasama
dalam kelompok
5. Kelemahan
a.
relatif memerlukan waktu yang cukup lama
b.
sangat bergantung pada aktivitas siswa
c.
cenderung memerlukan pemanfaatan sumber belajar
d.
banyak siswa yang kurang menyenangi simulasi
sehingga tidak efektif
D. METODE DEMONSTRASI
1. Karakteristik
Metode mengajar demonstrasi identik dengan
metode mengajara modeling. Selain guru yang akan menjadi model bisa juga
mendatangkan nara sumber yang akan mendemonstrasikan objek materi.
2. Prosedur
a.
mempersiapkan alat bantu yang akan digunakan
dalam pembelajaran
b.
member penjelasan tentang topic yang akan
didemonstrasikan
c.
Pelaksanaan demonstrasi bersamaan dengan
perhatian dan peniruan dari siswa
d.
penguatan terhadap ahsil demonstrasi
e.
kesimpulan
3. Persyaratan untuk mengoptimalkan
Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
mampu secara proses dalam melaksanakan
demonstrasi
b.
mampu mengelola kelas dan menguasai siswa secara
menyeluruh
c.
mampu menggunakan alat bantu yang digunakan
d.
mampu melaksanakan penilaian proses
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
kondisi, minat, dan motivasi siswa
b.
memahami tujuan yang akan didemonstrasikan
c.
mampu mengidentifikasi kondisi dan alat yang
digunakan dalam demonstrasi
4. Keunggulan
a.
siswa dapat memahami bahan pelajaran sesuai
objek sebenarnya
b.
dapat mengembangkan rasa ingin tahu siswa
c.
dapat melakukan pekerjaan secara sistematis
d.
dapat mengetahui hubungan yang structural atau
urutan objek
e.
dapat melakukan perbansingan dari berbagai objek
5. Kelemahan
a.
Hanya dapat menimbulkan cara berfikir yang
konkret saja
b.
jika jumlah siswa banyak demonstrasi tidak
efektif
c.
bergantung ada alat bantu yang sebenarnya
d.
Sering terjadi siswa kurang berani dalam mencoba
atau melakukan praktik
E. METODE EKSPERIMEN
1. Karakteristik
Menuntut penggunaan alat bantu yang
sebenarnya karena esensi pembelajaran ini mencobakan sesuatu. Perlu adanya
pedoman pembelajaran siswa.
2. Prosedur
a.
Mempersiapkan alat bantu
b.
petunjuk dan informasi tentang tugas yang harus
dilaksanakan
c.
Penggunaan lembaran kerja yang disusun secara
sistematis
d.
penguatan temuan eksperimen
e.
kesimpulan
3. Persyaratan untuk mengoptimalkan
Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
mampu membimbing siswa dari merumuskan hipotesis
sampai membuat laporan
b.
menguasai konsep yang dieksperimenkan
c.
mampu mengelola kelas
d.
mampu menciptakan kondisi yang efektif
e.
mampu memberikan penilaian secara proses
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
kondisi, minat, dan motivasi siswa
b.
pemahaman terhadap materi
c.
memiliki sikap yang teliti, tekun dan kerja
keras
d.
mampu menulis membaca dan menyimak dengan baik.
4. Keunggulan
a.
membangkitkan rasa ingin tahu siswa
b.
membangkitkan sikap ilmiah siswa
c.
membuat pembelajaran bersifat actual
d.
membina kebiasaan belajar kelompok maupun individu
5. Kelemahan
a.
memerlukan alat dan biaya
b.
memerlukan waktu relative lama
c.
sangat sedikit sekolah yang mempunyai fasilitas
eksperimen
d.
guru dan siswa banyak yang belum terbiasa
melakukan eksperimen
F. METODE KARYAWISATA
1. Karakteristik
Aktivitas siswa dibawa keluar kelas. Untuk
meningkatkan kemampuan dan aspek – aspek psikologi siswa, yang selanjutnya
berdampak terhadap peningkatan motivasi belajar.
2. Prosedur
a.
Menetapkan tujuan dan kompetensi yang akan
dicapai siswa
b.
Mempelajari topik karya wisata
c.
merumuskan kegiatan yang akan ditempuh
d.
melaksanakan kegiatan
e.
menilai kegiatan
f.
melaporkan hasil kegiatan
3. Persyaratan untuk mengoptimalkan
Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
mampu mengidentifikasi objek karya wisata
b.
mampu mebuat perencanaan dan panduan
c.
mampu mempersiapkan bahan dan alat
d.
mampu mengontrol, memfasilitasi dan membimbing
siswa.
e.
mampu menilai kegiatan.
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
mampu memahami petunjuk
b.
mampu menyusun laporan karyawisata
c.
mampu belajar secara mandiri
d.
mampu menggunakan bahan atau alat yang
diperlukan
4. Keunggulan
a.
member kesempatan siswa untuk memperoleh
pengalaman nyata.
b.
dapat menumbuhkan rasa senang
c.
memberikan masukan terhadap program sekolah
d.
mendekatkan siswa dengan lingkungan
5. Kelemahan
a.
relatif memerlukan waktu yang cukup lama
b.
memerlukan pengawasan dan bimbingan ekstra ketat
c.
akan banyak menggunakan biaya
d.
jika tidak dikontrol siswa akan bermain dalam
pelajarannya
G. METODE PEMECAHAN MASALAH
1.
Karakteristik
Metode ilmiah dalam pembelajran, lebih
cocok untuk siswa SD di kelas tinggi.
2.
Prosedur
a.
Merumuskan dan membatasi masalah
b.
Merumuskan dugaan dan pertanyaan
c.
Mengumpulkan data atau mengolah data
d.
Membuktikan atau menjawab pertanyaan
e.
Merumuskan kesimpulan
3.
Persyaratan
untuk mengoptimalkan Pembelajaran
Yang harus diperhatikan oleh guru :
a.
mampu membimbing siswa dari merumuskan
hipotesis, pembuktian, kesimpulan dan membuat laporan
b.
menguasai konsep
c.
mampu mengelola kelas
d.
mampi menciptakan kondisi yang efektif
e.
mampu member penilaian secara proses
Yang
harus diperhatikan berkaitan kondidi siswa :
a.
kondisi, minat, dan motivasi siswa
b.
memiliki kemampuan
c.
memiliki sikap yang tekun, teliti, dan kerja
keras
d.
mampu menulis , membaca, dan menyimak dengan
baik.
4.
Keunggulan
a.
mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah
b.
mengembangkan kemampuan berpikir kritis
c.
mempelajari bahan pelajaran yang aktual
d.
mengembangkan kemampuan sosial siswa
e.
mengoptimalkan kemampuan siswa
5.
Kelemahan
a.
waktu yang digunakan relative lama
b.
bahan pelajaran tidak bersifat logis dan
sistematis
c.
memerlukan bimbingan guru
orang yang menulis artikel ini adalah calon orang sukses, mungkin sudfah sukses
ReplyDelete