KB 3 pendidikan IPS di SD




KEGIATAN BELAJAR 3
Contoh keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi, nilai, sikap, dan keterampilan intelektual/kemampuan analisis, personal, sosial, dalam konteks pendidikan ips sd kelas 5 dan 6
                Pada bagian akhir modul ini telah dikemukakan bahwa antara peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi itu ada keterkaitan         hubungan yang tidak mungkin dipisahkan. Keempatnya terpadu didalam struktur ips. Oleh karena itu pengembangan pemahaman danpengertian tentang peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi hanya mungkin di dalam konteks bahan pengajaran yang disampaikan guru melalui proses belajar mengajar yang terencana dan terprogram.melalui proses belajar mengajar ips yang demikian itu, juga dikembangkan kemampuan siswa dalam ranah kognitif, efektif dan psikomotorik (keterampilan)
                Kemampuan guru sebagai pengembang kurikulum di lapangan direalisasikan dan diamati secara faktual. Ada berbagai cara penyampaian konsep dapatdilakukan guru, misalnya dengan menghafalkan label sesuatu,dengan melalui ceramah penuh/ceramah mumi, seperti bisa dilakukan guru pada umumnya dewasa ini.cara ini memang benar memberitahukan konsep/mengajarkan konsep, tetapibersifatverblistis, menghafal tanpa memahami maknanya, tanpa mampumenganalisis ciri-ciri dari suatu konsep yang membedakan konsepsatu dengan yang lainya. KBM yang dapat menunjukan adanya keterkaitan antara peristiwa,fakta, konsep dangeneralisasi, nilai, sikap dan keterampilan siswa.
Contoh ;
Topik 1. Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang ( materi pelajaran, yaitu zaman pergerakan nasional)
Kompetensi dasar ;
                Mendiskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang
Indikator ;
                Siswa mengenal arti pergerakan nasional dan arti sumpah pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia
A.      Ranah kognitif, setelah mempelajari topik ini siswa diharapkan dapat;
1.       Menceritakan latar belakang timbulnya pergerakan nasional, serta tooh-tokohnya;
2.       Menerangkan peristiwa sumpah pemuda;
3.       Menceritakan tokoh-tokoh yang berperan dalam sumpah pemuda;
4.       Menunjukan arti pergerakannasional dan sumpah pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.
B.      Ranah efektif;
1.       Menghayati jasa para pelopor pergerakan nasional
2.       Mengapresiasi jiwa sumpah pemuda

C.      Ranah psikomotor
1.       Mencoba melakukan wawancara untuk memahami makna zaman pergerakan nasional dengan tokoh-tokoh tertentu.
2.       Memahami makna sumpah pemuda melalui prooses diskusi kelas.
Peristiwa sebagai bahan kajian;
                Peringatan hari kebangkitan nasional
Fakta-fakta sebagai bahan kajian;
1.       Gambar-gambar dari tokoh bersejarah
2.       Naskah sumpah pemuda
3.       Gambar gedung-gedung bersejarah bagi pergerakan nasional
4.       Gambar suasana kota jakarta pada zaman penjajahan
Konsep;
1.       Nasionalisme, imperalisme, dan kolonialisme
2.       Kaum pergerakan, persatuan bangsa, kemerdekaan, dominasi asing, patriotisme, organisasi politik, hak asasi manusia, dan seterusnya
Generalisasi;
1.       Setiap masyarakat manusia pasti mengalami perubahan
2.       Penjajahan selalu menimbulkan konflik dan kesengsaraan
3.       Perwujudan nasionalisme disesuaikan dengan tantangan zamanya.
Nilai ;
Nilai material;
                Siswa merasa telah menikmatii hasil kemerdekaan
Nilai vital;
1.       Cermat, dalam meneliti ulasan sejarah
2.       Objektif, dalam menilai informasi
3.       Kreatif dalam memprediksi
Nilai kerohanian;
1.       Bersyukur kepada tuhan yang maha esa atas rahmatnya dan seterusnya
2.       Rasional dalam berargumentasi
3.       Memiliki empati terhadap pengorbanan para pahlawan
4.       Rasa bertanggung jawab atas nikmat kemerdekaandan seterusnya

Sikap;
1.       Bersyukur kepada tuhan yang maha esa disertai rasa tanggung jawab
2.       Tanggap terhadap perkembangan zaman
3.       Bersikap terbuka  dan toleran terhadap pendapat lain
4.       Bangga sebagai bangsa indonesia dan mencitai bangsa dan tanah airnya dan seterusnya
Keterampilan intelektual/kemampuan analisis;
1.       Melukiskan, menyimpulkan, menganalisis informasi, konseptualisasi, generalisasi dan membuat keputusan.
2.       Memperoleh informasi, membentuk konsep, generalisasi, mengorhanisasikan informasi, mengkritik informasi,mengambil keputusan, menafsirkan fakta, menyusun laporan.
Keterampilan personal;
1.       Membaca peta, membuat denah,membuat peta , mengenal waktu dan kronologis, menerjemahkan konsep waktu, bekerja dalam kelompok.
2.       Keterampilan praktis(membuat peta dan lain-lain ), belajar mandiri, memimpin dan diskusi, mengendalikanemosi dan lain-lain.
Keterampilan sosial;
Berkontribusi memberikab gagasan, menjadi pendengar yang baik,  mampu menjelaskan, mampu mengadakan wawancara, mampu berperan dengan baik, mampu bertanya dengan baik, dan alain-lain.
                Jenis kegiatan perseorangan, kelompik kecil dan klasikal.
Persiapan;
1.       Sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru telah mempersiapkan langkah-langkah apa yang akan dilaksanakan dalam KBM
2.       Menyediakan media berupa kertas-kertas, spidol berwarna, gambar-gambar, dan lain-lain
Pendekatan metode;
                Multi metode yang mencakup ceramahyang diwariskan dengan pendekatan konsep, diskusi disertai tugas
Penugasan kepada siswa;
                Membuat kliping tentang uraian-uraian sekitar peringatanhari kebangkitan nasional dan sumpah pemuda
Rancangan pengembangan materi pelajaran oleh guru;
Guuru  merumuskan pokok-pokok materi sebagai bahan pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar merujuk kepada berbagai sumber (disebutkan sumbernya) guru berperan sebagai pengembang kurikulum
Kegiatan operasional;
Tahap kelas;
1.       Pertemuan pertama
1.       Penjelasan pokok-pokok pelajaran dariguru disertai cara belajarnya
2.       Kegiatan berikutnya;
a.       Guru memperagakan contoh-contoh
b.      Menanyakan komentar siswa tentang gambar/contoh
c.       Membuat kesimpulan singkat
3.       Guru menyampaikan ceramah singkat,dan diselingi pertanyaan-pertanyaan
4.       Pertemuan ditutup dengan pemberian tugas dan penjelasan tugas kelompok
2.       Tahap penguasaan
Tugas yang harus dilakukan siswa
1.       Inkuiri sederhana, mengkaji isi buku serta pokok-pokok bahasan
2.       Inkuiei dokumen,melalui perpustakaan,koran,majalah dan lain-lain
3.       Siswa meminta guru memberikan penjelasan dan cara teknis pembuatan instrumenya
       3.     Tahap kelas
                 Tahap diskusi kelas
1.       Tiap kelompok menyerahkan hasil kerjanya
2.       Guru memilih hasil kerja kelompok yang akan di diskusikan
3.       Merumuskan hasil kesimpulan diskusi,guru memberikan bimbingan dan arahan serta meluruskan jika ada jawaban yang kurang tepat.
Sekitar 10 menit sebelum pelajaran berakhir guru memberikan tes formatif untuk mendapatkan masukan bagi guru mengenai hal berikut.
a.       Apakah program pelajaran tersebut dapat dilaksanakan dengan baik atau terlalu sulit dikerjakan siswa
b.      Mengetahui bagaimana tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada umumnya.

Comments

Popular posts from this blog