KB 3 pendidikan IPS di SD
KEGIATAN
BELAJAR 3
Contoh
keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi, nilai, sikap, dan
keterampilan intelektual/kemampuan analisis, personal, sosial, dalam konteks
pendidikan ips sd kelas 5 dan 6
Pada
bagian akhir modul ini telah dikemukakan bahwa antara peristiwa, fakta, konsep
dan generalisasi itu ada keterkaitan hubungan
yang tidak mungkin dipisahkan. Keempatnya terpadu didalam struktur ips. Oleh
karena itu pengembangan pemahaman danpengertian tentang peristiwa, fakta,
konsep dan generalisasi hanya mungkin di dalam konteks bahan pengajaran yang
disampaikan guru melalui proses belajar mengajar yang terencana dan terprogram.melalui
proses belajar mengajar ips yang demikian itu, juga dikembangkan kemampuan
siswa dalam ranah kognitif, efektif dan psikomotorik (keterampilan)
Kemampuan
guru sebagai pengembang kurikulum di lapangan direalisasikan dan diamati secara
faktual. Ada berbagai cara penyampaian konsep dapatdilakukan guru, misalnya
dengan menghafalkan label sesuatu,dengan melalui ceramah penuh/ceramah mumi,
seperti bisa dilakukan guru pada umumnya dewasa ini.cara ini memang benar
memberitahukan konsep/mengajarkan konsep, tetapibersifatverblistis, menghafal
tanpa memahami maknanya, tanpa mampumenganalisis ciri-ciri dari suatu konsep
yang membedakan konsepsatu dengan yang lainya. KBM yang dapat menunjukan adanya
keterkaitan antara peristiwa,fakta, konsep dangeneralisasi, nilai, sikap dan
keterampilan siswa.
Contoh ;
Topik 1. Perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan belanda dan jepang ( materi pelajaran, yaitu zaman pergerakan
nasional)
Kompetensi dasar ;
Mendiskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang
Indikator ;
Siswa
mengenal arti pergerakan nasional dan arti sumpah pemuda bagi persatuan dan
kesatuan bangsa indonesia
A.
Ranah kognitif, setelah
mempelajari topik ini siswa diharapkan dapat;
1.
Menceritakan latar belakang
timbulnya pergerakan nasional, serta tooh-tokohnya;
2.
Menerangkan peristiwa sumpah
pemuda;
3.
Menceritakan tokoh-tokoh yang berperan
dalam sumpah pemuda;
4.
Menunjukan arti pergerakannasional
dan sumpah pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.
B.
Ranah efektif;
1.
Menghayati jasa para pelopor
pergerakan nasional
2.
Mengapresiasi jiwa sumpah pemuda
C.
Ranah psikomotor
1.
Mencoba melakukan wawancara untuk
memahami makna zaman pergerakan nasional dengan tokoh-tokoh tertentu.
2.
Memahami makna sumpah pemuda
melalui prooses diskusi kelas.
Peristiwa sebagai bahan kajian;
Peringatan
hari kebangkitan nasional
Fakta-fakta sebagai bahan kajian;
1.
Gambar-gambar dari tokoh
bersejarah
2.
Naskah sumpah pemuda
3.
Gambar gedung-gedung bersejarah
bagi pergerakan nasional
4.
Gambar suasana kota jakarta pada
zaman penjajahan
Konsep;
1.
Nasionalisme, imperalisme, dan
kolonialisme
2.
Kaum pergerakan, persatuan bangsa,
kemerdekaan, dominasi asing, patriotisme, organisasi politik, hak asasi
manusia, dan seterusnya
Generalisasi;
1.
Setiap masyarakat manusia pasti
mengalami perubahan
2.
Penjajahan selalu menimbulkan
konflik dan kesengsaraan
3.
Perwujudan nasionalisme
disesuaikan dengan tantangan zamanya.
Nilai ;
Nilai material;
Siswa
merasa telah menikmatii hasil kemerdekaan
Nilai vital;
1.
Cermat, dalam meneliti ulasan
sejarah
2.
Objektif, dalam menilai informasi
3.
Kreatif dalam memprediksi
Nilai kerohanian;
1.
Bersyukur kepada tuhan yang maha
esa atas rahmatnya dan seterusnya
2.
Rasional dalam berargumentasi
3.
Memiliki empati terhadap
pengorbanan para pahlawan
4.
Rasa bertanggung jawab atas nikmat
kemerdekaandan seterusnya
Sikap;
1.
Bersyukur kepada tuhan yang maha
esa disertai rasa tanggung jawab
2.
Tanggap terhadap perkembangan
zaman
3.
Bersikap terbuka dan toleran terhadap pendapat lain
4.
Bangga sebagai bangsa indonesia
dan mencitai bangsa dan tanah airnya dan seterusnya
Keterampilan intelektual/kemampuan analisis;
1.
Melukiskan, menyimpulkan,
menganalisis informasi, konseptualisasi, generalisasi dan membuat keputusan.
2.
Memperoleh informasi, membentuk
konsep, generalisasi, mengorhanisasikan informasi, mengkritik
informasi,mengambil keputusan, menafsirkan fakta, menyusun laporan.
Keterampilan personal;
1.
Membaca peta, membuat
denah,membuat peta , mengenal waktu dan kronologis, menerjemahkan konsep waktu,
bekerja dalam kelompok.
2.
Keterampilan praktis(membuat peta
dan lain-lain ), belajar mandiri, memimpin dan diskusi, mengendalikanemosi dan
lain-lain.
Keterampilan sosial;
Berkontribusi
memberikab gagasan, menjadi pendengar yang baik, mampu menjelaskan, mampu mengadakan
wawancara, mampu berperan dengan baik, mampu bertanya dengan baik, dan
alain-lain.
Jenis
kegiatan perseorangan, kelompik kecil dan klasikal.
Persiapan;
1.
Sebelum kegiatan belajar mengajar
berlangsung, guru telah mempersiapkan langkah-langkah apa yang akan
dilaksanakan dalam KBM
2.
Menyediakan media berupa
kertas-kertas, spidol berwarna, gambar-gambar, dan lain-lain
Pendekatan metode;
Multi
metode yang mencakup ceramahyang diwariskan dengan pendekatan konsep, diskusi
disertai tugas
Penugasan kepada siswa;
Membuat
kliping tentang uraian-uraian sekitar peringatanhari kebangkitan nasional dan
sumpah pemuda
Rancangan pengembangan materi pelajaran oleh
guru;
Guuru merumuskan pokok-pokok materi sebagai bahan
pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar merujuk kepada berbagai sumber
(disebutkan sumbernya) guru berperan sebagai pengembang kurikulum
Kegiatan operasional;
Tahap kelas;
1.
Pertemuan pertama
1.
Penjelasan pokok-pokok pelajaran
dariguru disertai cara belajarnya
2.
Kegiatan berikutnya;
a.
Guru memperagakan contoh-contoh
b.
Menanyakan komentar siswa tentang
gambar/contoh
c.
Membuat kesimpulan singkat
3.
Guru menyampaikan ceramah
singkat,dan diselingi pertanyaan-pertanyaan
4.
Pertemuan ditutup dengan pemberian
tugas dan penjelasan tugas kelompok
2.
Tahap penguasaan
Tugas yang harus dilakukan
siswa
1.
Inkuiri sederhana, mengkaji isi
buku serta pokok-pokok bahasan
2.
Inkuiei dokumen,melalui
perpustakaan,koran,majalah dan lain-lain
3.
Siswa meminta guru memberikan
penjelasan dan cara teknis pembuatan instrumenya
3. Tahap kelas
Tahap diskusi kelas
1.
Tiap kelompok menyerahkan hasil
kerjanya
2.
Guru memilih hasil kerja kelompok
yang akan di diskusikan
3.
Merumuskan hasil kesimpulan
diskusi,guru memberikan bimbingan dan arahan serta meluruskan jika ada jawaban
yang kurang tepat.
Sekitar 10 menit sebelum pelajaran berakhir
guru memberikan tes formatif untuk mendapatkan masukan bagi guru mengenai hal
berikut.
a.
Apakah program pelajaran tersebut
dapat dilaksanakan dengan baik atau terlalu sulit dikerjakan siswa
b.
Mengetahui bagaimana tingkat
pencapaian hasil belajar siswa pada umumnya.
Comments
Post a Comment