RPP Pembelajaran kelas Rangkap 333



RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 333 - 3 Mata Pelajaran - 3 Tingkatan Kelas Berbeda - 3 Ruangan
 

Satuan Pendidikan              : SD
Mata Pelajaran/Topik        :  1. Matematika / Bilangan.
                                                 2. IPA / Pesawat Sederhana
                                                 3. PKn / Proses Perumusan Pancasila
Kelas/Semester                    : IV, V, dan VI / I (satu)
Waktu                                  : 80 menit


I.          Standar Kompetensi
1.    Matematika                    : Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
2.    IPA                                : Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi,
  serta dan fungsinya.
3.    PKn                               : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan
  Pancasila sebagai dasar negara.

II.          Kompetensi Dasar
·       Matematika :
-       Mengurutkan bilangan bulat.
·       IPA :
-       Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih  mudah dan lebih cepat.
·       PKn :
-       Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam perunusan Pancasila sebagai dasar negara.

III.          Indikator
·       Matematika
1.    Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat.
3.    Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
·       IPA
1.    Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana.
2.    Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana.
3.    Menyebutkan jenis pesawat sederhana.
·       PKn
1.    Menjelaskan perjuangan dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
2.    Mengenal tokoh-tokoh perjuangan dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

IV.          Tujuan Pembelajaran
·       Matematika:
-       Siswa dapat menerapkan bilangan bulat negative dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.
-       Siswa dapat membaca da nmenuliskan lambing bilangan bulat dengan tepat dan benar.
-       Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan dengan tepat dan benar
  • IPA :
-       Siswa dapat memahami peta konsep tentang pesawat sederhana dengan tepat dan benar.
-       Siswa dapat memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana dengan tepat dan benar.
-       Siswa dapat menyebutkan jenis pesawat sederhana dengan tepat dan benar.
  • PKn :
-       Siswa dapat menjelaskan perjuangan dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
-       Siswa dapat mengenal tokoh-tokoh perjuangan dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

v  Karaktersiswa yang diharapkan :  
Disiplin, Kerjakeras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingintahu, Cintatanah air, Bersahabat, Menghargaiprestasi, Gemarmembaca, Pedulilingkungan, Pedulisosial,  Tanggung jawab.

V.          Pokok Materi
  • Matematika :
Bilangan : Mengurutkan Bilangan Bulat.
  • IPA :
Pesawat Sederhana.
  • PKn :
Proses Perumusan Pancasila.
VI.          Metode Dan Pendekatan Pembelajaran
a.    Deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi).
b.    Ekspositori (menerangkan).
c.    Diskusi.
d.   Tanya jawab.
e.    Latihan.

VII.          Langkah-langkah Pembelajaran :
No
Kegiatan Pembelajaran Kelas 6
(PKn)
Kegiatan Pembelajaran Kelas 5
(Ilmu Pengetahuan Alam)
Kegiatan Pembelajaran Kelas 4
(Matematika)
A.
Pendahuluan (5 Menit)
Pendahuluan (5 Menit)
Pendahuluan (5 Menit)

Apersepsi dan Motivasi:
o   Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o   Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o   Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
Apersepsi dan Motivasi:
o   Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o   Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o   Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
Apersepsi dan Motivasi:
o   Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o   Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o   Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
B.
Kegiatan Inti (60 menit)
Kegiatan Inti (60 menit)
Kegiatan Inti (60 menit)

o   Siswa disuruh menggaris bawahi / stabilo materi yang penting, dan mencatat materi yang sulit dimengerti untuk ditanyakan kepada guru.

Pindah ke Kelas 5
o   Guru menerangkan materi tentang pancasila.
o   Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.
o   Siswa diberi tugas diskusi sekaligus tanya jawab tentang sikap-sikap murid yang mencerminkan menaladani nilai juang para perumus Pancasila.

Pindah ke Kelas 5
o   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
o   Guru menjelaskan tentang pesawat sederhana .
o   Guru menjelaskan tujuan penggunaan pesawat sederhana.
o   Guru menjelaskan tuas gologan pertama, kedua dan  ketiga dan memberikan contoh.

Pindah ke kelas 4
o   Siswa diberi tugas tentang pesawat sederhana.
o   Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan.
Pindah ke Kelas 4
o   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
o   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
o   Guru menjelaskan cara membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat pada garis bilangan .
o   Guru mencontohkan langkah mengerjakan latihan

Pindah ke kelas 6
o   Siswa diberi tugas menulis lambang bilangan.

Pindah ke kelas 6
o   Guru memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan.

o   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
o   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
C.
Penutup (5 menit)
Penutup (5 menit)
Penutup (5 menit)

Kesimpulan
Refleksi
Tindak lanjut
Do’a
Salam
-    Kesimpulan
-    Refleksi
-    Tindak lanjut
-    Do’a
-    Salam
-    Kesimpulan
-    Refleksi
-    Tindak lanjut
-    Do’a
-    Salam

VIII.          Media dan Sumber Belajar
Ø  Media : Gunting, obeng pipih atau sendok.
Ø  Sumber Belajar :
-       Buku  Matematika SD  BSE Karangan Burhan Mustaqim Kelas IV.
-       Buku  Ilmu Pengetahuan Alam BSE Karangan Heri Sulistyanto SD Kelas V.
-       Buku PKn BSE Karangan Heri Sulistyanto SD Kelas VI.

IX.          Penilaian
1.        Prosedur:
a.    Penilaian proses
b.    Penilaian akhir
2.        Jenis dan bentuk tes :
a.    Tes tulis
b.    Tes individu
c.    Tes Kelompok
3.        Instrumen / Alat Penilaian
a.    Lembar kerja siswa (terlampir).
b.    Lembar evaluasi (soal, kunci jawaban, pedoman penskoran), terlampir.
c.    Lembar penilaian.
d.   Rangkuman materi




Mengetahui
Kepala Sekolah






       
Mahasiswa






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog