RPP Pembelajaran kelas Rangkap 333
RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
MODEL 333 - 3 Mata Pelajaran - 3 Tingkatan Kelas Berbeda - 3 Ruangan
Satuan
Pendidikan : SD
Mata Pelajaran/Topik : 1.
Matematika / Bilangan.
2.
IPA / Pesawat Sederhana
3. PKn / Proses Perumusan Pancasila
Kelas/Semester :
IV, V, dan VI / I (satu)
Waktu :
80 menit
I.
Standar
Kompetensi
1. Matematika : Menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan bulat.
2. IPA : Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi,
serta dan fungsinya.
3.
PKn :
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai dasar negara.
II.
Kompetensi Dasar
·
Matematika :
- Mengurutkan bilangan bulat.
·
IPA :
- Menjelaskan pesawat sederhana yang
dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
·
PKn :
-
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam
perunusan Pancasila sebagai dasar negara.
III.
Indikator
·
Matematika
1. Menerapkan bilangan bulat negatif
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Membaca dan menuliskan lambang
bilangan bulat.
3. Menentukan letak bilangan
bulat pada garis bilangan.
·
IPA
1. Memahami peta konsep tentang pesawat
sederhana.
2. Memahami tujuan penggunaan pesawat
sederhana.
3. Menyebutkan jenis pesawat sederhana.
·
PKn
1. Menjelaskan
perjuangan dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
2. Mengenal tokoh-tokoh perjuangan dalam
perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Matematika:
- Siswa dapat menerapkan bilangan
bulat negative dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat membaca da nmenuliskan
lambing bilangan bulat dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat menentukan letak bilangan
bulat pada garis bilangan dengan
tepat dan benar
- IPA :
- Siswa dapat memahami peta konsep tentang pesawat
sederhana dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat memahami tujuan penggunaan pesawat
sederhana dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat menyebutkan jenis pesawat sederhana
dengan tepat dan benar.
- PKn :
- Siswa dapat menjelaskan perjuangan
dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
- Siswa dapat mengenal tokoh-tokoh perjuangan
dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
v Karaktersiswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerjakeras, Kreatif,
Demokratif , Rasa Ingintahu, Cintatanah air, Bersahabat, Menghargaiprestasi,
Gemarmembaca, Pedulilingkungan, Pedulisosial,
Tanggung jawab.
V.
Pokok Materi
- Matematika :
Bilangan : Mengurutkan Bilangan Bulat.
- IPA :
Pesawat Sederhana.
- PKn :
Proses Perumusan Pancasila.
VI.
Metode Dan
Pendekatan Pembelajaran
a. Deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi).
b. Ekspositori (menerangkan).
c. Diskusi.
d. Tanya jawab.
e. Latihan.
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
Pembelajaran Kelas 6
(PKn)
|
Kegiatan
Pembelajaran Kelas 5
(Ilmu
Pengetahuan Alam)
|
Kegiatan
Pembelajaran Kelas 4
(Matematika)
|
A.
|
Pendahuluan
(5 Menit)
|
Pendahuluan
(5 Menit)
|
Pendahuluan
(5 Menit)
|
Apersepsi dan Motivasi:
o
Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o
Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o
Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
Apersepsi dan Motivasi:
o
Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o
Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o
Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
Apersepsi dan
Motivasi:
o
Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o
Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o
Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
|
B.
|
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
o
Siswa disuruh
menggaris bawahi / stabilo
materi yang penting, dan mencatat materi yang sulit dimengerti
untuk ditanyakan kepada guru.
Pindah ke Kelas 5
o
Guru menerangkan materi tentang pancasila.
o
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.
o
Siswa diberi tugas
diskusi sekaligus tanya jawab tentang sikap-sikap murid yang mencerminkan
menaladani nilai juang para perumus Pancasila.
Pindah ke Kelas 5
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
o
Guru menjelaskan tentang pesawat sederhana .
o
Guru menjelaskan tujuan penggunaan pesawat sederhana.
o
Guru menjelaskan tuas gologan pertama, kedua dan ketiga dan memberikan
contoh.
Pindah ke
kelas 4
o
Siswa diberi tugas tentang
pesawat sederhana.
o
Memeriksa pekerjaan siswa dan
menugaskan untuk mengerjakan di depan.
Pindah ke
Kelas 4
o
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
o
Guru menjelaskan cara membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat pada
garis bilangan .
o
Guru mencontohkan
langkah mengerjakan latihan
Pindah ke kelas 6
o
Siswa diberi
tugas menulis lambang bilangan.
Pindah ke kelas 6
o
Guru memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk
mengerjakan di depan.
o
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
|
C.
|
Penutup (5
menit)
|
Penutup (5
menit)
|
Penutup (5 menit)
|
Kesimpulan
Refleksi
Tindak lanjut
Do’a
Salam
|
- Kesimpulan
- Refleksi
- Tindak lanjut
- Do’a
- Salam
|
- Kesimpulan
- Refleksi
- Tindak lanjut
- Do’a
- Salam
|
VIII.
Media dan
Sumber Belajar
Ø Media : Gunting, obeng pipih atau sendok.
Ø Sumber Belajar :
- Buku Matematika SD BSE Karangan Burhan Mustaqim Kelas IV.
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam BSE
Karangan Heri Sulistyanto SD Kelas V.
- Buku PKn BSE Karangan Heri Sulistyanto
SD Kelas VI.
IX.
Penilaian
1.
Prosedur:
a. Penilaian
proses
b. Penilaian akhir
2.
Jenis dan bentuk tes :
a. Tes tulis
b. Tes individu
c. Tes Kelompok
3.
Instrumen / Alat Penilaian
a. Lembar kerja
siswa (terlampir).
b. Lembar evaluasi
(soal, kunci jawaban, pedoman penskoran), terlampir.
c. Lembar
penilaian.
d. Rangkuman
materi
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Mahasiswa
|
Terima Kasih
ReplyDelete