RPP Pembelajaran Kelas Rangkap 222
RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
MODEL 222 - 2 Mata Pelajaran - 2 Tingkatan Kelas Berbeda - 2
Ruangan
Satuan
Pendidikan : SD
Mata Pelajaran/Topik : 1.
Matematika / Bilangan.
2.
IPA / Pesawat Sederhana
Kelas/Semester :
4 dan 5 / I (satu)
Waktu :
80 menit
I.
Standar
Kompetensi
1. Matematika : 5. Menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan bulat.
2. IPA : 5. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta dan fungsinya.
II.
Kompetensi Dasar
·
Matematika :
5.1 Mengurutkan bilangan bulat.
·
IPA :
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana
yang dapat membuat pekerjaan lebih
mudah dan lebih cepat.
III.
Indikator
·
Matematika
5.1.1 Menerapkan bilangan bulat negatif
dalam kehidupan sehari-hari.
5.1.2 Membaca dan menuliskan lambang
bilangan bulat.
5.1.3 Menentukan letak bilangan
bulat pada garis bilangan
·
IPA
5.1.1 Memahami peta konsep tentang pesawat
sederhana.
5.1.2 Memahami tujuan penggunaan pesawat
sederhana.
5.1.3 Menyebutkan jenis pesawat sederhana.
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Matematika:
- Siswa dapat menerapkan bilangan
bulat negative dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat membaca da nmenuliskan
lambing bilangan bulat dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat menentukan letak bilangan
bulat pada garis bilangan dengan
tepat dan benar
- IPA :
- Siswa dapat Memahami peta konsep
tentang pesawat sederhana dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat Memahami tujuan
penggunaan pesawat sederhana dengan tepat dan benar.
- Siswa dapat Menyebutkan jenis
pesawat sederhana dengan tepat dan benar.
·
Karaktersiswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerjakeras, Kreatif,
Demokratif , Rasa Ingintahu, Cintatanah air, Bersahabat, Menghargaiprestasi,
Gemarmembaca, Pedulilingkungan, Pedulisosial,
Tanggung jawab.
V.
Pokok Materi
- Matematika :
Bilangan : Mengurutkan Bilangan bulat
- IPA :
Pesawat sederhana.
Jenis-jenis pesawat sederhana: Tuas,
Bidang miring, Katrol, dan Roda.
VI.
Metode Dan
Pendekatan Pembelajaran
a. Deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi).
b. Ekspositori (menerangkan).
c. Tanya jawab.
d. Latihan
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
Pembelajaran Kelas 5
(Ilmu
Pengetahuan Alam)
|
Kegiatan
Pembelajaran Kelas 4
(Matematika)
|
A.
|
Pendahuluan
(5 Menit)
|
Pendahuluan
(5 Menit)
|
Apersepsi dan Motivasi:
o
Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o
Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o
Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
Apersepsi dan
Motivasi:
o
Siswa berdo’a bersama, mengucapkan salam dan absensi.
o
Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
o
Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
|
B.
|
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
o
Guru menjelaskan tentang pesawat sederhana .
o
Guru menjelaskan tujuan penggunaan pesawat sederhana.
o
Guru menjelaskan tuas gologan pertama, kedua dan ketiga dan memberikan
contoh.
Pindah ke
kelas 4
o
Siswa diberi tugas tentang
pesawat sederhana.
o
Memeriksa pekerjaan siswa dan
menugaskan untuk mengerjakan di depan.
Pindah ke
Kelas 4
o
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
o
Gurumen jelaskan cara membaca
dan menuliskan lambang bilangan bulat pada garis bilangan .
o
Guru mencontohkan
langkah mengerjakan latihan
Pindah ke kelas 5
o
Siswa diberi
tugas menulis lambang bilangan.
Pindah ke kelas 5
o
Guru memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk
mengerjakan di depan.
o
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
|
C.
|
Penutup (5
menit)
|
Penutup (5 menit)
|
- Kesimpulan
- Refleksi
- Tindak lanjut
- Do’a
- Salam
|
- Kesimpulan
- Refleksi
- Tindak lanjut
- Do’a
- Salam
|
VIII.
Media dan
Sumber Belajar
Ø Media : Gunting, obeng pipih atau sendok.
Ø Sumber Belajar :
- Buku Matematika SD BSE Karangan Burhan Mustaqim Kelas IV Hal 137.
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam BSE
Karangan Heri Sulistyanto (IPA) SD Kelas V Hal 109.
IX.
Penilaian
1.
Prosedur:
a. Penilaian
proses
b. Penilaian akhir
2.
Jenis dan bentuk tes :
a. Tes tulis
b. Tes individu
c. Tes Kelompok
3.
Instrumen / Alat Penilaian
a. Lembar kerja
siswa (terlampir).
b. Lembar evaluasi
(soal, kunci jawaban, pedoman penskoran), terlampir.
c. Lembar
penilaian.
d. Rangkuman
materi
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Mahasiswa
|
Ijin download
ReplyDeletepkr 222 kelas 1 dan 2 bang
ReplyDelete