Resume Bahasa Indonesia Modul 5 KB 2
MODUL 5 KETERAMPILAN MENULIS
KegiatanBelajar2
:KemampuanLanjutdalamKegiatanMenulis
Secaradikotomis,
tulisandapatdibedakanmenjadi 2 yaitufiksidannonfiksi.
Fiksimerupakansebuahkaryatulisanhasilkreatifdanimajinatifpenulis.Fiksicenderungbersifatimajinatif,
contohfiksiyaitu novel, drama, cerpendansebagainya.
Sedangkannonfiksimerupakanhasilpemikirandanpengamatanpenulisberdasarkanlogika
yang dituangkandenganmenggunakanstrategitertentu.
Nonfiksilebihbersifatlogisdanempiris,
contohnonfiksiyaituartikeldalamjurnal,
artikeldansuratkabardanlaporanpenelitian. Berikut proses
penulisantulisanfiksidannonfiksi.
A. MerencanakanTulisanFiksi
Fiksimerupakanhasilimajinasiataupunkhayalanpenulis
yang dituangkansecarakreatifmenjadisebuahkaryatulis. Dalam proses
penulisanfiksi, kadang-kadanginspirasipenulismunculsecaratiba-tibadalampikiranpenulis.
Namun, terkadangseorangpenulissengajamencariinspirasiuntukdapatmenulisfiksitersebut.
Dalam proses penulisanfiksi,
biasanyaseorangpenulismencatatperistiwa-peristiwaataukesan yang menjadikannyainspirasi.
Setelahmencatat, peristiwa-peristiwatersebutdirangkaimenjadisebuah synopsis
atauringkascerita. Kemudiandariringkasceritatersebutdikembangkanmenjadisebuahcerpen,
novel maupun drama.
B.
MerencanakanTulisanNonfiksi
Dalam proses
penulisannonfiksi, seorangpenulisharusmenentukandanmemilihtopikkarangan,
setelahtopikterpilihpenulismerumuskantujuandarikarangantersebut, membuatkerangkakarangankemubianmerangkaikerangkatersebut
agar menjadisebuahkarangan. Berikutdijelaskansatu per satu.
1. PemilihanTopik
Proses
pertamadalampenulisankaryanonfiksiialahpemilihantopik.
Dalammemilihtopikhendaknyamemperhatikanbeberapahalberikut :
·
Topik yang dipilihhendaknyamenarikhatibagipenulisdanpembacanya.
Apabilatopik
yang dipilihmenarikhatimakaakanmenjadikabosanbagipenulisdalammenulisnyadanjugatulisantersebuttidakdapatdisusundenganbaik.
Begitujugabagipembacapastimerasabosanmembacanya.
·
Topik yang dipilihhendaknya actual, sedanghangat,
dapatdipercayadandiperlukanuntukmemecahkanmasalah.
Kalautopik
yang dipilihmasihhangatdanberisiberita yang diperlukanpembacamakapastibanyakpembaca
yang menyukaikaryatersebut.
·
Bahan-bahan yang diperlukanuntukmenulistersediadandapatdijangkau.
Misalnyabahan-bahan
yang diperlukanberupa data yang
berhubungandengantopikdapatdiperolehdenganbataswaktudansumberdana yang
tersedia.
·
Topik yang dipilihsesuaicakupanruanglingkupnyadenganwaktudanbiaya yang
tersedia.
Dalammemilih
topic cakupanruanglingkupnyatidakterlaluluasmaupunterlalusempit.
2. PerumusanTujuan
Setelahselesaimenentukantopiklangkahberikutnyayaitumerumuskantujuan.
Perumusantujuaninibermaksudmemberikanpenjelasankepadapenulismengenaitopiktersebut.
Selainmemberikanpenjelasanjugadapatmempengaruhipembacauntukmelakukantindakberkaitandengan
topic tersebut.
3. PenulisanKerangkaKarangan
Penulisankerangkakaranganbermanfaatsebagaipedomanbagipenulis agar
tidakkeluardaritopikdantujuanpenulisantersebut.
Kerangkakarangandapatmembantupenulisdalammengembangkancerita.
Penulisankerangkakarangandapatditulisdengancaramengelompokkanseluruhsubtopikmenjadisebuahstrukturkerangkatertentu.
Serta dapatdengancaralangsungmenentukansubtopikdanmengurutkannya.
Setelahkerangkakaranganselesaidibuat,
langkahterakhiradalahmengembangkankerangkakarangantersebutmenjadisebuahkarangan
yang utuh.
Comments
Post a Comment