Resume Bahasa Indonesia Modul 5 KB 2



MODUL 5 KETERAMPILAN MENULIS

KegiatanBelajar2 :KemampuanLanjutdalamKegiatanMenulis

            Secaradikotomis, tulisandapatdibedakanmenjadi 2 yaitufiksidannonfiksi. Fiksimerupakansebuahkaryatulisanhasilkreatifdanimajinatifpenulis.Fiksicenderungbersifatimajinatif, contohfiksiyaitu novel, drama, cerpendansebagainya. Sedangkannonfiksimerupakanhasilpemikirandanpengamatanpenulisberdasarkanlogika yang dituangkandenganmenggunakanstrategitertentu. Nonfiksilebihbersifatlogisdanempiris,
contohnonfiksiyaituartikeldalamjurnal, artikeldansuratkabardanlaporanpenelitian. Berikut proses penulisantulisanfiksidannonfiksi.

A.      MerencanakanTulisanFiksi

Fiksimerupakanhasilimajinasiataupunkhayalanpenulis yang dituangkansecarakreatifmenjadisebuahkaryatulis. Dalam proses penulisanfiksi, kadang-kadanginspirasipenulismunculsecaratiba-tibadalampikiranpenulis. Namun, terkadangseorangpenulissengajamencariinspirasiuntukdapatmenulisfiksitersebut.
Dalam proses penulisanfiksi, biasanyaseorangpenulismencatatperistiwa-peristiwaataukesan yang menjadikannyainspirasi. Setelahmencatat, peristiwa-peristiwatersebutdirangkaimenjadisebuah synopsis atauringkascerita. Kemudiandariringkasceritatersebutdikembangkanmenjadisebuahcerpen, novel maupun drama.

B.      MerencanakanTulisanNonfiksi
Dalam proses penulisannonfiksi, seorangpenulisharusmenentukandanmemilihtopikkarangan, setelahtopikterpilihpenulismerumuskantujuandarikarangantersebut, membuatkerangkakarangankemubianmerangkaikerangkatersebut agar menjadisebuahkarangan. Berikutdijelaskansatu per satu.

1.      PemilihanTopik
Proses pertamadalampenulisankaryanonfiksiialahpemilihantopik. Dalammemilihtopikhendaknyamemperhatikanbeberapahalberikut :
·         Topik yang dipilihhendaknyamenarikhatibagipenulisdanpembacanya.
Apabilatopik yang dipilihmenarikhatimakaakanmenjadikabosanbagipenulisdalammenulisnyadanjugatulisantersebuttidakdapatdisusundenganbaik. Begitujugabagipembacapastimerasabosanmembacanya.
·         Topik yang dipilihhendaknya actual, sedanghangat, dapatdipercayadandiperlukanuntukmemecahkanmasalah.
Kalautopik yang dipilihmasihhangatdanberisiberita yang diperlukanpembacamakapastibanyakpembaca yang menyukaikaryatersebut.
·         Bahan-bahan yang diperlukanuntukmenulistersediadandapatdijangkau.
Misalnyabahan-bahan yang diperlukanberupa data yang berhubungandengantopikdapatdiperolehdenganbataswaktudansumberdana yang tersedia.
·         Topik yang dipilihsesuaicakupanruanglingkupnyadenganwaktudanbiaya yang tersedia.
Dalammemilih topic cakupanruanglingkupnyatidakterlaluluasmaupunterlalusempit.

2.      PerumusanTujuan
Setelahselesaimenentukantopiklangkahberikutnyayaitumerumuskantujuan. Perumusantujuaninibermaksudmemberikanpenjelasankepadapenulismengenaitopiktersebut. Selainmemberikanpenjelasanjugadapatmempengaruhipembacauntukmelakukantindakberkaitandengan topic tersebut.

3.      PenulisanKerangkaKarangan
Penulisankerangkakaranganbermanfaatsebagaipedomanbagipenulis agar tidakkeluardaritopikdantujuanpenulisantersebut. Kerangkakarangandapatmembantupenulisdalammengembangkancerita. Penulisankerangkakarangandapatditulisdengancaramengelompokkanseluruhsubtopikmenjadisebuahstrukturkerangkatertentu. Serta dapatdengancaralangsungmenentukansubtopikdanmengurutkannya.
Setelahkerangkakaranganselesaidibuat, langkahterakhiradalahmengembangkankerangkakarangantersebutmenjadisebuahkarangan yang utuh.

Comments

Popular posts from this blog