RPP kelas 1 kurikulum 2013 tema 4 sub tema 1 lengkap


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SD Negeri
Kelas / Semester                  : I / 1
Tema                                      : 4. Keluargaku
Sub Tema                              : 1. Anggota Keluargaku
Pembelajaran                       : 4, 1, 4

Fokus Pembelajaran           : PJOK, Bahasa Indonesia, SBdP

Alokasi Waktu                      : 6 X 35 Menit (6 JP )

A.   Kompetensi Inti
KI 1          : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2          : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3          : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4          : Menyajikan pengetahuan  faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/ bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/ bagan silsilah.
Indikator:
3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
4.10.3 Bercerita tentang keluarga dengan kosakata kekeluargaan.

SBdP
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu

Indikator:
3.2.4 Membedakan tinggi rendah suara
4.2.4 Memeragakan tinggi rendah suara

C.   Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.
2.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
3.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan percaya diri.
4.    Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolah raga bersama keluarga.

D.   Materi Pembelajaran
1.    Gerakan berjalan satu arah
2.    Menceritakan pengalaman berolahraga
3.    Menyanyikan lagu “ Garuda Pancasila “

E.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Pembelajaran
-       Pendekatan saintifik
2.  Metode Pembelajaran
-       Tanya jawab
-       Diskusi
-       Demonstrasi
-       Penugasan

F.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1)    Media / Alat :
-       Teks lagu “Garuda Pancasila”

2)    Sumber Belajar :
a.  Lingkungan Sekolah
b.  Buku Guru Tema Keluargaku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Edisi Revisi 2016 ) Hal :
c.   Buku Siswa Tema Keluargaku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Edisi Revisi 2016 ) Hal :

G.   Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.    Kelas dibuka dengan salam dan doa bersama.
2.    Mengondisikan siswa dengan menanyakan kabar dan sapaan ‘Hei.... halo, halo....hei’. (Ketika guru menyapa halo, siswa menjawab hei. Jika guru menyapa hei, siswa menjawab halo. Variasikan sapaan, misal, hei.., hei,... halo atau, halo... halo...hei, dan sebagainya).
3.    Memeriksa kerapihan pakaian dan kebersihan kelas.
4.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

5.    Siswa menyimak arahan guru tentang sikap disiplin, percaya diri dan kerjasama.
6.    Guru mengingatkan pembelajaran sebelumnya tentang gerakan olah raga, sikap berdoa dan lambang sila pertama Pancasila.

15 menit
Kegiatan Inti

1.      Siswa menyimak informasi Guru bahwa orangtua kita memiliki pekerjaan yang beragam. Sebagai contoh adalah Ibu dan Ayah Beni.
·         Ibu Beni bekerja sebagai pelatih paduan suara.
·         Ayah Beni bekerja sebagai pelatih senam.
2.      Siswa mendengarkan cerita guru bahwa, pada suata saat, Ibu Beni melatih paduan suara kelas V untuk persiapan petugas upacara pada hari Senin. Kelas V berlatih menyanyikan Lagu Garuda Pancasila.
3.      Siswa diajak untuk berlatih lagu Garuda Pancasila. Guru mencontohkan dengan tinggi rendah suara yang tepat. Siswa mengikuti.
4.      Siswa menyimak informasi bahwa sekolah mengundang Ayah Beni untuk melatih senam irama.
5.      Siswa diajak ke luar kelas untuk melakukan gerakan pemanasan dan gerakan senam.
6.      Setelah melakukan senam, ajaklah siswa untuk rehat sejenak, sekaligus bertanya jawab tentang sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam berolahraga. Arahkan jawaban siswa untuk mensyukuri nikmat sehat, disiplin dan kerjasama dalam olah raga.
7.      Ingatkan kembali materi pelajaran olah raga pada pertemuan sebelumnya yaitu bergerak satu arah.
8.      Siswa diminta mengingat dan menjelaskan kembali prosedur melakukan gerakan tersebut, yaitu :
·         Posisi badan tegak.
·         Pandangan mata ke depan.
·         Melangkah biasa dengan koordinasi gerakan tangan dan kaki sesuai.
·         Arah berjalan lurus (tidak menyamping) menuju satu arah.
9.      Siswa diminta kembali melakukan gerakan satu arah.
10.   Siswa secara bergantian berjalan dari titik a ke titik b dan kembali ke titik a.
11.   Siswa kembali ke kelas dan menyimak penjelasan guru, bahwa anggota keluarga bisa memiliki kegiatan olah raga yang bermacam-macam, misalnya jalan kaki, lari, dan senam. Ada juga yang senang sepak bola, bola basket dan bersepeda.
12.   Siswa saling bertanya jawab tentang kegiatan olah raga bersama keluarga.
13.   Siswa menuliskan pengalaman melakukan kegiatan olah raga bersama keluarga.
14.    Perwakilan siswa menceritakan di depan kelas.
         
180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa bersama guru melakukan refleksi :
Materi apa saja yang telah dipahami?
Materi apa saja yang belum dipahami?
Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
2.      Bagaimana perasaan selama pembelajaran berlangsung?

3.      Siswa menyimak penguatan materi yang disampaikan guru.
4.      Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Termasuk menekankan sikap disiplin, percaya diri, dan kerjasama.
5.       Kegiatan diakhiri dengan merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel kelas dan doa bersama.

15 menit
H.   Penilaian
1.    Jenis Penilaian
-       Penilaian Sikap                   : Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
-       Penilaian Pengetahuan     :
Tes Tertulis
Kisi – Kisi Tes Tertulis

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
No. Soal
PJOK
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah.

Tertulis
Soal Isian
1
Bahasa Indonesia
3.10 Mengenal kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/ bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
3.10.3 Mengidentifkasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.

Tertulis
Soal Isian
2

-       Penilaian Keterampilan

2. Instrumen Penilaian
Lembar Penilaian Ketrampilan
1. Bercerita tentang keluarga dengan kosa kata kekeluargaan.
No
Nama Siswa
Isi sesuai (menceritakan kegiatan olahraga bersama keluarga)
runut
Minimal 3 kalimat
Lancar dalam menceritakan secara lisan
Skor
Predikat
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29








Penilaian Remedial
·         Penilaian remedial dilakukan jika ada siswa yang belum memahami cara duduk saat membaca yang benar. Siswa diberi buku dan bacaan sederhana. Siswa membaca dibawah pengarahan guru
Penilaian Pengayaan
·         Jika ada waktu tersisa siswa diminta berlatih menulis kata dengan posisi duduk yang benar


Mojoagung,
Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I
































TES TERTULIS
Kelas / Semester                  : I / 1
Tema                                      : 3. Keluargaku
Sub Tema                              : 2. Anggota Keluarga
Pembelajaran                       : 4, 1, 4
Fokus Pembelajaran           : PJOK, Bahasa Indonesia, SBdP

Nama             : .................................................

1. Lingkarilah ciri-ciri gerakan berjalan satu arah yang tepat.

a.         Pandangan mata ke bawah.
b.         Posisi badan tegak.
c.         Berjalan berputar.
d.         Pandangan mata ke depan.
e.         Melangkah biasa dengan koordinasi gerakan tangan dan kaki sesuai.
f.          Arah berjalan lurus (tidak menyamping) menuju satu arah.

2.Tuliskanlah kegiatan olah raga bersama keluarga.


 





























REFLEKSI












KUNCI JAWABAN
TES TERTULIS

I.          b, d, e dan f.

II.         jalan pagi
            Lari pagi
            Berenang
            Bulu tangkis
            Sepak bola




Norma Penialaian
Rom I = setiap jawaban benar skor = 1
              Skor maksimal = 4
Rom II = Siswa diharapkan bisa menyebutkan 4 olahraga
Skor maksimal = 4
Nilai Akhir : Skor maks Rom I + Rom IIX 100
                     8


 

Comments

Popular posts from this blog