RPP Penilaian Kelas Rangkap 221
RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
MODEL 221-2 Mata Pelajaran-2 Tingkatan Kelas Berbeda-1
Ruangan
Satuan
Pendidikan :
Mata Pelajaran/Topik : 1.
Matematika / Bilangan
2.
IPS / Lingkungan
Kelas/Semester :
2 dan 3 / I (satu)
Waktu :
80 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Matematika Kelas 2
1.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500.
IPS Kelas 3
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
sekolah
II.
KOMPETENSI
DASAR
Matematika Kelas 2
1.1 Membandingkan bilangan 1
sampai 500.
1.2
Mengurutkan
bilangan 1 sampai 500.
IPS Kelas 3
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah.
1.2 Menyebutkan contoh
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
III.
INDIKATOR
Matematika Kelas 2
1.
Menentukan
bilangan 1 sampai 500.
2.
Menentukan
bilangan lebih besar.
3.
Menentukan
bilangan lebih kecil.
IPS Kelas 3
1.
Mengidentifikasikan
pengertian
lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2.
Menyebutkan contoh lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
3.
Menjelaskan
manfaat kenampakan alam bagi kehidupan.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Matematika
Kelas 2
Melalui kegiatan pembelajaran siswa mampu:
1.
Menentukan
bilangan 1 sampai 500.
2.
Menentukan
bilangan lebih besar.
3.
Menentukan
bilangan lebih kecil.
IPS Kelas
3
Melalui kegiatan pembelajaran siswa mampu:
1.
Mengidentifikasikan pengertian lingkungan alam dan buatan.
2.
Menyebutkan contoh lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah
3.
Menjelaskan
manfaat lingkungan
alam dan buatan bagi kehidupan.
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
V.
MATERI
POKOK
Matematika
Kelas 2
·
Operasi hitung bilangan
IPS Kelas
3
·
Kerja
sama di lingkungan rumah
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah.
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab.
4.
Pemberian tugas.
VII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam kemudian berdoa dan
mengabsen siswa.
b. Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa
untuk mengikuti pembelajaran.
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Ø
Eksplorasi
Kelas 2
(Matematika)
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
a. Menjelaskan cara mengurutkan bilangan.
b. Menjelaskan
cara membandingkan bilangan.
c. Melakukan
tanya jawab dengan siswa tentang membandingkan bilangan.
d. Siswa mengerjakan soal-soal latihan.
Kelas 3 (IPS)
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
a. Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang
dilihat di lingkungan sekitar.
b. Menyajikan materi pembelajaran tentang
lingkungan alam dan buatan.
c. Membagikan contoh gambar lingkungan alam dan
buatan kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan.
d. Dalam kelompoknya, siswa mendiskusikan
gambar yang telah diberikan oleh guru.
e.
Meminta siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan.
Ø
Elaborasi
Kelas 2
(Matematika)
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
a. Memberikan
tugas siswa untuk menentukan antara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
b. Membahas
tugas bersama-sama.
c. Meminta siswa
untuk maju di depan kelas.
Kelas 3 (IPS)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Meminta masing-masing ketua kelompok untuk
membacakan hasil diskusi di depan kelas.
b. Meminta kelompok lain untuk menanggapi
penyampaian hasil diskusi kelompok lain.
c. Memberikan tugas
siswa untuk menyebutkan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Ø
Konfirmasi
Kelas 2 (Matematika)
dan Kelas 3 (IPS)
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
a. Guru bertanya jawab tentang materi yang
belum diketahui siswa.
b. Guru bersama siswa meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan, dan menyimpulkan materi pelajaran.
c. Memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil
belajarnya.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
a. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan.
b. Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang
diajarkan
c. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
d. Membuat kesimpulan dari tiap materi yang di sampaikan.
e. Memberikan PR
|
10 menit
|
VIII.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku Sumber
a.
Buku pelajaran Matematika SD kelas 2 semester I.
b.
Buku IPS SD kelas 3 semester I.
c.
LKS Matematika kelas 2 SD dan IPS kelas
3 SD semester I.
2.
Alat Peraga
a.
Gambar kenampakan alam dan kenampakan buatan.
b.
Gambar peristiwa alam.
IX.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
Kelas 2 (Matematika) :
a. Menentukan bilangan 1 sampai 500.
b. Menentukan bilangan lebih besar.
c. Menentukan bilangan lebih kecil.
d. Membandingkan
dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
2.
Kelas 3 (IPS)
:
a.
Menjelaskan lingkungan alam.
b.
Menjelaskan lingkungan buatan.
c.
Memberikan contohnya lingkungan
alam dan buatan.
d.
Menjelaskan penyebab banjir.
|
Tes lisan Tes
tertulis
|
uraian
isian
|
1.
Kelas 2 (Matematika) :
a.
Tentukan
bilangan 1 sampai 500.
b.
Tentukan
bilangan lebih besar.
c.
Tentukan
bilangan lebih kecil.
d.
Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
2.
Kelas 3 (IPS)
:
a.
menjelaskan
lingkungan alam.
b.
menjelaskan
lingkungan buatan.
c.
memberikan
contohnya lingkungan alam dan buatan.
d.
menjelaskan
penyebab banjir
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
|
|
Mahasiswa
|
Comments
Post a Comment