Resume Pendidikan Kurikulum dan Pembelajaran di SD

RESUME MODUL 11 - 12
PENDIDIKAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SD

Modul 11 Pemilihan Materi Pelajaran dan Media Pembelajaran
Kb. 1 Pemilihan dan Pengorganisasian Materi Pelajaran

A.     Pengertian Materi Pelajaran
Menurut Sanjaya(2009), materi Pelajaran adalah segala sesuatu yang menjadi isi kurikulm yag harus dikuasai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar untuk mencapai standar kompetensi setiap mata pelajaran.
Mata pelajaran dalam RPP adalah segala sesuatu yang dibahas dan dipelajari siswa dalam pembelajaran untuk mencapai indikator pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan.

B.     Jenis-Jenis Materi Pelajaran
Tyler(1949), mengemukakan tiga jenis materi pelajaran yaitu :
1.      Pengetahuan (Knowledge)
Menurut Sanjaya(2009) mata pelajaran jenis pengetahuan adalah berbagai informasi yang disimpan dalam pikiran dan dapat diungkapkan kembali apabila diperlukan. Materi pelajaran jenis pengetahuan mencakup fakta, konsep, prosedur, dan prinsip.

2.      Keterampilan (Skills)
Menurut Tyler (1949) secara umum, keterampilan adalah an ability to perform an action or group of acions ( kemampuan melakukan satu atau serangkaia kegiatan). Apabila kita kaitkan dengan materi pelajaran, keterampilan adalahjenis materi pelajaran yang menuntut siswa untuk melakukan sesuatu atau serangkaian kegiatan.

3.      Nilai (Values)
Secara umum, yang termasuk kategori nilai adalah semua kesepakatan, ketentuan, peraturan, hukum, perundang-perundangan, baik yang tertuls maupun yang tidak tertulis yang menyangkut semua aspek kehidupan manusia. Dalam kaitannya dengan materi pelajatran, nilai adalah materi pelajaran yang berkaitan dengan pembentukan sikap, kebiasaan, dan perilaku yang sesuai dengan kesepaktan, peraturan, hukum, ketentuan, dan perundang-undangan yang berlaku.

C.     Pemilihan Materi Pelajaran
Tim Pustaka Yustisia (tth) mengemukakan tiga prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan materi pelajaran, yaitu :
a.       Prinsip relevansi
b.      Prinsip konsistensi
c.       Prinsip kecakupan

Mata pelajaran yang dipilih guru juga hendaknya memenuhi kriteria :
1.      Kesesuaian dengan kemampuan siswa
2.      Benar (Valid)
3.      Mutakhir (terbaru)
4.      Mendukung kompetensi yang akan dicapai
D.     Pengorganisasian Materi Pelajaran
Ornsein(1990) mengemukakan empat cara untuk mengurutkan atau menorgansasikan mata pelajaran, yaitu :
1.      Dari Sederhana menuju ke yang Komplek (simple to Complex)
2.      Dari Bagian-bagian ke Keseluruhan (Parts to Whole)
3.      Dari Keseluruhan Menuju ke Baian-bagian (Whole to Parts)
4.      Kronologis ( Choronological)
Tyler(1949) mengemukakan iga jenis pengeorganisasian materi, yaitu :
a.       Pengorganisasian Logis
b.      Pengorganisasian Psikologis
c.       Pengorganisasian Kronologis Didasarkan pada Waktu Kejadian

Tiga prinsip yang harus diperhatikan guru agar memperoleh materi pelajaran yang tepat adalah :
1.      Kontinuitas (continuity)
2.      Urutan (sequence)
3.      Integrasi















Modul 12 Merancang Kegiatan Pembelajaran
Kb. 2 Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

A.     Metode Mengajar
Metode mengajar adalah suatu cara yang dilakukan guru untuk menciptakan hubungan antara guru (kegiatan mengajar) dan siswa (kegiatan belajar). Media pembelajaran merupakan sarana yang dapat menunjang optimalisasi kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajara siswa. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menimbulkan dan memudahkansiswa belajar.

Empat metode yang seringkali digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah :
1.      Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode atau cara mengajar denga penyajian materi yang dilakukan melalui penuturan dan penjelasansecara lisan ole guru kepada siswa.
2.      Metode Tanya awab
Metode tanya jawab adalah suatu cara atau metode penyajian bahan pelajaran melalui berbgai bentuk pertanyaan yang dijawab oleh siswa.
3.      Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu metode atau cara penyajian bahan pelajaran melalui wahan tukar pendapat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh siswa sebelumnya guna memcahkan suatu persoalan/permasalahan.
4.      Metode Resitasi
Metode resitasi adalah suatu metode atau cara yang memberikan kesempatan kepada siswa untk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk yang telah dipersiapkan guru sehingga siswa dapat mengalami kegiatan belajar secara nyata.

B.     Kriteria Pemilihan Metode Mengajar
Hal-hal yang harus diperhatikan agar metode yang dipilih tepat sesuai dengantujuan pembelajaran adalah :
a.       Faktor Tujuan
b.      Faktor Materi/Isi
c.       Faktor Siswa
d.      Faktor Waktu
e.       Kemampuan Guru

C.     Prosedur Umum Pembelajaran
Perencanaan kegiatan pembelajaran pada ummnya terdiri atas empat prosedur, yaitu :
1.      Pra-Pembelajaran
2.      Kegiatan Awal
3.      Kegiatan Inti
4.      Kegiatan Akhir

Comments

Popular posts from this blog