Resume Pendidikan Kurikulum dan Pembelajaran di SD
RESUME MODUL 11 - 12
PENDIDIKAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SD
Modul 11 Pemilihan Materi
Pelajaran dan Media Pembelajaran
Kb.
1 Pemilihan dan Pengorganisasian Materi Pelajaran
A.
Pengertian
Materi Pelajaran
Menurut
Sanjaya(2009), materi Pelajaran adalah segala sesuatu yang menjadi isi kurikulm
yag harus dikuasai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar untuk mencapai
standar kompetensi setiap mata pelajaran.
Mata
pelajaran dalam RPP adalah segala sesuatu yang dibahas dan dipelajari siswa
dalam pembelajaran untuk mencapai indikator pencapaian kompetensi yang telah
ditetapkan.
B.
Jenis-Jenis
Materi Pelajaran
Tyler(1949),
mengemukakan tiga jenis materi pelajaran yaitu :
1.
Pengetahuan
(Knowledge)
Menurut
Sanjaya(2009) mata pelajaran jenis pengetahuan adalah berbagai informasi yang
disimpan dalam pikiran dan dapat diungkapkan kembali apabila diperlukan. Materi
pelajaran jenis pengetahuan mencakup fakta, konsep, prosedur, dan prinsip.
2.
Keterampilan
(Skills)
Menurut Tyler
(1949) secara umum, keterampilan adalah an ability to perform an action or
group of acions ( kemampuan melakukan satu atau serangkaia kegiatan).
Apabila kita kaitkan dengan materi pelajaran, keterampilan adalahjenis materi
pelajaran yang menuntut siswa untuk melakukan sesuatu atau serangkaian
kegiatan.
3.
Nilai
(Values)
Secara umum,
yang termasuk kategori nilai adalah semua kesepakatan, ketentuan, peraturan,
hukum, perundang-perundangan, baik yang tertuls maupun yang tidak tertulis yang
menyangkut semua aspek kehidupan manusia. Dalam kaitannya dengan materi
pelajatran, nilai adalah materi pelajaran yang berkaitan dengan pembentukan
sikap, kebiasaan, dan perilaku yang sesuai dengan kesepaktan, peraturan, hukum,
ketentuan, dan perundang-undangan yang berlaku.
C.
Pemilihan
Materi Pelajaran
Tim
Pustaka Yustisia (tth) mengemukakan tiga prinsip yang perlu diperhatikan dalam
pemilihan materi pelajaran, yaitu :
a.
Prinsip
relevansi
b.
Prinsip
konsistensi
c.
Prinsip
kecakupan
Mata
pelajaran yang dipilih guru juga hendaknya memenuhi kriteria :
1.
Kesesuaian
dengan kemampuan siswa
2.
Benar
(Valid)
3.
Mutakhir
(terbaru)
4.
Mendukung
kompetensi yang akan dicapai
D.
Pengorganisasian
Materi Pelajaran
Ornsein(1990)
mengemukakan empat cara untuk mengurutkan atau menorgansasikan mata pelajaran,
yaitu :
1.
Dari
Sederhana menuju ke yang Komplek (simple to Complex)
2.
Dari
Bagian-bagian ke Keseluruhan (Parts to Whole)
3.
Dari
Keseluruhan Menuju ke Baian-bagian (Whole to Parts)
4.
Kronologis
( Choronological)
Tyler(1949) mengemukakan iga jenis pengeorganisasian
materi, yaitu :
a.
Pengorganisasian
Logis
b.
Pengorganisasian
Psikologis
c.
Pengorganisasian
Kronologis Didasarkan pada Waktu Kejadian
Tiga prinsip
yang harus diperhatikan guru agar memperoleh materi pelajaran yang tepat adalah
:
1.
Kontinuitas
(continuity)
2.
Urutan
(sequence)
3.
Integrasi
Modul 12 Merancang Kegiatan
Pembelajaran
Kb.
2 Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
A.
Metode
Mengajar
Metode
mengajar adalah suatu cara yang dilakukan guru untuk menciptakan hubungan
antara guru (kegiatan mengajar) dan siswa (kegiatan belajar). Media
pembelajaran merupakan sarana yang dapat menunjang optimalisasi kegiatan
mengajar guru dan kegiatan belajara siswa. Sumber belajar adalah segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk menimbulkan dan memudahkansiswa belajar.
Empat
metode yang seringkali digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah :
1.
Metode
Ceramah
Metode
ceramah adalah metode atau cara mengajar denga penyajian materi yang dilakukan
melalui penuturan dan penjelasansecara lisan ole guru kepada siswa.
2.
Metode
Tanya awab
Metode tanya
jawab adalah suatu cara atau metode penyajian bahan pelajaran melalui berbgai
bentuk pertanyaan yang dijawab oleh siswa.
3.
Metode
Diskusi
Metode
diskusi adalah suatu metode atau cara penyajian bahan pelajaran melalui wahan
tukar pendapat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh
siswa sebelumnya guna memcahkan suatu persoalan/permasalahan.
4.
Metode
Resitasi
Metode
resitasi adalah suatu metode atau cara yang memberikan kesempatan kepada siswa
untk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk yang telah dipersiapkan guru sehingga
siswa dapat mengalami kegiatan belajar secara nyata.
B.
Kriteria
Pemilihan Metode Mengajar
Hal-hal
yang harus diperhatikan agar metode yang dipilih tepat sesuai dengantujuan
pembelajaran adalah :
a.
Faktor
Tujuan
b.
Faktor
Materi/Isi
c.
Faktor
Siswa
d.
Faktor
Waktu
e.
Kemampuan
Guru
C.
Prosedur
Umum Pembelajaran
Perencanaan
kegiatan pembelajaran pada ummnya terdiri atas empat prosedur, yaitu :
1.
Pra-Pembelajaran
2.
Kegiatan
Awal
3.
Kegiatan
Inti
4.
Kegiatan
Akhir
Comments
Post a Comment