RPP PKM kelas VI
RPP PKM kelas VI, lengkap dengan penilaian dan refleksi
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 7. Mempraktikkan
pola penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan
perubahan energi listrik
|
Energi dan Perubahannya
B. Energi listrik
|
o
Memahami peta
konsep tentang energi listrik
o
Mengerjakan
kegiatan 7.4, 7.5, 7.6, 7.7,
7.8.
o
Mengerjakan uji
kompetensi. dan Latihan soal.
o
Memahami prinsip
kerja sumber energi listrik generator
o
Menyebutkan
penggerak pembangkit listrik
-
Tenaga air
-
Tenaga diesel
-
Tenaga uap
-
Tenaga nuklir
-
Tenaga panas
bumi
-
Tenaga matahari
-
Tenaga angin
o
Menjelaskan
proses kerja pembangkit listrik
o
Memahami bagian
dari baterai, aki dan dinamo sepeda
o
Memahami prinsip
kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda
o
Menjelaskan
perubahan energi listrik
o
Menyebutkan
alat-alat yang menggunakan energi listrik
o
Mengelompokan
benda yang menggunakan listrik dari PLTN
o
Mengelompokan
benda yang menggunakan listrik dari baterai
o
Menyebutkan alat
ukur listrik
-
Ohmmeter
-
Amperemeter
-
Voltmeter
-
AVO meter
|
o Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh
menggosok benda.
o Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik.
o Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
o Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan
isolator listrik.
o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik,
misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan
energi listrik.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
kegiatan
7.4
Hlm.119
kegiatan
7.5
Hlm.122
kegiatan
7.6
Hlm.123
kegiatan
7.7
Hlm.124
kegiatan
7.8.
Hlm.125
uji
kompetensi
Hlm.129
Latihan
soal.
Hlm.131
|
10 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Penggaris,
kertas, buku
-
Kabel 50 cm,
lampu 1,5 V, baterai
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : VI ( Enam ) / II ( Dua )
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1
Pertemuan )
Hari / Tanggal :
I.
Standar Kompetensi
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.
II. Kompetensi
Dasar
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
III.
Indikator
Peserta didik mampu :
7.2.1
Menjelaskan cara perpindahan
energi listrik
7.2.2
Mendriskripsikan perubahan energi
listrik menjadi energi lain
IV. Tujuan
1. Melalui percobaan perpindahan energi listrik
siswa dapat memahami perpindahan energi listrik dengan benar
2. Dengan mengamati percobaan siswa dapat memahami
perubahan energi listrik menjadi energi lain dengan tepat dan benar
Karakteristik yang diharapkan:
-
Kerjasama
- Tanggungjawab
- Kejujuran
-
Keaktifan
V. Materi
1. Perpindahan dan perubahan energi listrik
2. Lingkungan dan daerah-daerah yang dapat digunakan sebagai pembangkit
listrik tenaga air.
3. Cara kerja dalam pembangkit listrik tenaga air.
4. Pemanfaatan atau keuntungan yang di dapat dari Pembangkit Listrik Tenaga
Air bagi masyarakat di lingkungan
setempat dalam kegiatan sehari-hari.
VI.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Pengamatan
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Apersepsi dan
Motivasi
1. Salam
2. Doa
3. Presensi
4. Pengkondisian kelas
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
6. Guru memberikan tanya jawab tentang
pemanfaatan kincir air pada pembangkit listrik, “anak-anak, apakah kalian
pernah melihat kincir air?”
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Eksplorasi
1. Guru memberi penjelasan tentang perpindahan dan perubahan enegri listrik.
2. Guru
menunjukan video “Membuat Daya Lisrik dengan menggunakan kincir air”
b. Elaborasi
1. Guru menjelaskan cara kerja dari kincir air.
2. Guru menjelaskan lingkungan yang dapat
dimanfaatkan untuk tempat pembuatan PLTA.
3.
Guru membagi kelas dalam 3
kelompok besar dan menjelaskan tujuan dibaginya kelompok-kelompok.
4. Guru memberikan LKS kepada tiap-tiap
kelompok.
5.
Siswa mendiskusikan pemanfaatan
PLTA
6.
Guru membimbing siswa dalam diskusi
7.
Siswa menjelaskan pemanfaatan
PLTA bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
c. Konfirmasi
1. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang
berani maju.
2. Guru mengkonfirmasi hasil dari masing-masing
kelompok.
3. Guru memberi kesempatan kepada siswa lain
untuk bertanya.
4. Guru mengkonfirmasi dan mengevaluasi serta
memberikan penguatan atau umpan balik terhadap hasil kerja siswa.
|
Klasikal
Klasikal
Kelompok
Klasikal
|
10 menit
5 menit
20 menit
10 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Guru bersama siswa membuat simpulan dari
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberikan soal-soal evaluasi
3. Guru memberikan tugas (PR) untuk pertemuan
selanjutnya.
4. Guru menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
|
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
|
15 menit
|
VIII.
Media dan Sumber Belajar
Media :
-
Gambar
perubahan energi listrik
Sumber :
-Sulistyono, Heri.2008. BSE Ilmu pengetahuan Alam.Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
IX.
Penilaian
1.
Prosedur penilaian : proses, tes akhir
2.
Jenis penilaian : tertulis, lisan, perbuatan
3.
Tehnik tes : tes tertulis dan non tes
X. Lampiran – Lampiran
1.
Materi
2.
Lembar Kerja Siswa ( LKS )
3.
Lembar Tugas Siswa ( LTS )
4.
Kunci
Jawaban
|
|
|
MATERI AJAR
PLTA
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi
listrik yang dibangkitkan ini biasa disebut sebagai hidroelektrik.
Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini
adalah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air.
Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air
dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga
meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain
seperti tenaga ombak.
PLTA merubah energi yang disebabkan gaya jatuh
air untuk menghasilkan listrik. Turbin mengkonversi tenaga gerak jatuh air ke
dalam daya mekanik. Kemudian generator mengkonversi daya mekanik tersebut dari
turbin ke dalam tenaga elektrik.
Jenis PLTA bermacam-macam, mulai yang berbentuk
“mikro-hidro” dengan kemampuan mensupalai untuk beberapa rumah saja sampai
berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang menyediakan listrik untuk
berjuta-juta orang-orang. Photo dibawah ini menunjukkan PLTA di Sungai
Wisconsin, merupakan jenis PLTA menengah yang mampu mensuplai listrik untuk
8.000 orang.
KEUNTUNGAN
PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR
Pembangkit Listrik Tenaga Air
memiliki beberapa kelebihan yang tidak dapat dipisah-pisahkan yang membuatnya
semakin menarik, seperti berikut ini :
(1) Bahan bakar PLTU (Pembangkit
Listrik Tenaga Uap) adalah batu bara. Berdasarkan pengertian yang sama, kita
dapat mengatakan bahwa bahan bakar untuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
adalah Air. Keunggulan bahan bakar untuk PLTA ini sama sekali tidak habis
terpakai ataupun berubah menjadi sesuatu yang lain. PLTU sekarang ini
menghadapi masalah tentang menipisnya sumber-sumber kekayaan bumi yang ada dan
masalah pembuangan limbahnya yang berupa abu batu bara. Sedangkan PLTA tidak
menghadapi masalah yang serupa. Ia merupakan suatu sumber energi yang abadi,
tidak seperti bahan bakar fosil. Air melimpas melalui turbin, tanpa kehilangan
kemampuan pelayanan sungai untuk wilayah hilirnya. Ia masih mampu mengairi
sawah-sawah ataupun menghilangkan dahaga kota-kota akan air bersih.
(2) Biaya pengoperasian dan
pemeliharaan PLTA sangat rendah jika dibandingkan dengan PLTU atau PLTN
(Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). Pada PLTU, di samping pengeluaran biaya
untuk batu bara, perlu diperhitungkan pula biaya transportasi bahan bakar
tersebut. Demikian pula hal ini berlaku pada PLTA. Pada PLTA, transportasi
berlangsung secara alamiah hampir pada setiap kasus (kecuali pada PLTA dengan
sistem kombinasi antara tampungan dan pompa).
(3) Turbin-turbin pada PLTA bisa
dioperasikan atau dihentikan pengoperasiannya setiap saat. Hal ini tidak
dimungkinkan pada PLTU atau PLTN. Untuk memenuhi kebutuhan puncak yang hanya
terjadi selama beberapa jam saja, bukan merupakan masalah bagi PLTA, karena
dengan kemampuan untuk dioperasikan atau dihentikan kembali hampir pada setiap
saat merupakan suatu modal utama dalam pengoperasian, sementara pada PLTU dan
PLTN akan mengakibatkan pemborosan bahan bakar yang luar biasa.
(4) PLTA, cukup sederhana untuk
dimengerti dan cukup mudah untuk dioperasikan. Ketangguhan sistemnya dapat
lebih diandalkan dibandingkan dengan sumber-sumber daya lainnya.
(5) Peralatan PLTA yang mutakhir,
umumnya memiliki peluang yang besar untuk bisa dioperasikan selama lebih dari
50 tahun. Hal ini cukup bersaing jika dibandingkan dengan umur effektif dari
PLTN yang sekitar 30 tahun.
(6) Mengingat kemudahannya untuk
memikul beban ataupun melepaskannya kembali, PLTA juga bisa dimanfaatkan
sebagai cadangan yang bisa diandalkan pada sistem kelistrikan terpadu antara
PLTU, PLTA dan PLTN.
(7) Dengan teknik perencanaan yang
mutakhir, PLTA dapat menghasilkan tenaga dengan efisiensi yang sangat tinggi
meskipun fluktuasi beban cukup besar.
(8) Pengembangan mutakhir yang
telah dicapai pada pengembangan turbin air, telah dimungkinkan untuk memanfaatkan
jenis turbin yang sesuai dengan kadaan setempat.
(9) Pengembangan PLTA yang juga
ramah lingkungan dengan memanfaatkan arus sungai dapat menimbulkan juga manfaat
lain misalnya pariwisata, perikanan, dan lain-lain, sedangkan jika diperlukan
waduk untuk keperluan tersebut dapat dimanfaatkan pula misalnya sebagai irigasi
dan pengendali banjir.
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI / II
Materi : Perpindahan dan Perubahan
Energi Listrik
Hari / Tanggal :
Diskusikan dengan kelompok kalian masing – masing !
Bandingkan kelebihan PLTA dengan PLTU
No
|
PLTA
|
PLTU
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Kelompok :
Nama :
1.
....................
2.
...................
1.
.....................
2.
....................
3.
....................
LEMBAR TUGAS SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI / II
Materi : Perpindahan dan Perubahan
Energi Listrik
Hari / Tanggal :
A. Pilihlah
jawaban yang kamu anggap benar!
1. Air terjun dapat dimanfaatkan sebagai
pembangkit listrik. Energi air terjun diubah menjadi energi listrik menggunakan
. . . .
a. dinamo b.
generator c. sel surya d. turbin
2. Gejala kelistrikan dapat ditimbulkan oleh
muatan yang diam. Gejala kelistrikan ini
disebut listrik . . . .
a. Statis b.
Dinamis c. Kinetis d.
Praktis
3. Lampu neon mengubah energi listrik menjadi energi . . . .
a. panas dan bunyi b.
panas dan cahaya c. bunyi dan cahaya d. cahaya dan gerak
4. Kegiatan manakah yang dapat menghemat energi
listrik?
a.
Membiarkan komputer menyala
walaupun tidak digunakan.
b.
Membuka tutup lemari es dalam
waktu lama.
c.
Mematikan lampu ketika mau pergi.
d.
Menonton televisi sampai larut
malam.
5. Masyarakat dapat menikmati aliran listrik di
rumah-rumah. Aliran listrik di Indonesia umumnya berasal dari . . . .
a. PLTG c. PLTA
b. PLTU d. PLTN
6. Alat
yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik yang berasal dari
pusat listrik
adalah ....
a. sekering b. trafo c. sakelar d. dinamo
7. Tempat muatan listrik berpotensial tinggi
disebut ....
a. kutub netral b. kutub negatif c.
kutub positif d. kutub arus
8.
Rangkaian listrik disusun dengan tiga cara, kecuali ....
a. paralel b.
seri c. campuran d. saling silang
9. Alat
ukur tegangan listrik adalah ....
a. voltmeter b. amperemeter c. ohmmeter d.
wattmeter
10. Salah satu sumber listrik adalah ....
a. batu baterai b. lampu c.
bohlam d. sakelar
B. Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Contoh dari perubahan energi listrik adalah...
2. Langkah terakhir dalam pembuatan
PLTA sederhana adalah...
3. 4 macam bentuk energi yaitu...
4. Manfaat dari pembuatan PLTA dalam masyarakat adalah...
5. Perbandingan manfaat penggunaan PLTA dengan PLTU adalah...
KUNCI JAWABAN
Pilihan ganda
1. B 6. B
2. A 7. C
3. B 8. D
4. C 9. A
5. C 10.
A
Uraian
1. Contoh dari perubahan energi listrik adalah :
a. Perubahan dari energi listrik menjadi energi
panas misalnya setrika listrik dan solder listrik.
b. Perubahan dari energi listik menjadi energi
menjadi energi suara misalnya radio dan tape.
c. Perubahan dari energi listrik menjadi energi
cahaya misalnya lampu.
d. Perubahan dari energi listik menjadi energi
cahaya (gambar) dan suara misalnya pada televisi.
e. Perubahan dari energi listik menjadi energi
menjadi energi gerak misalnya terdapat pada kipas angin.
2. Mengalirkan air pada turbin.
3. Energi kimia, energi panas, energi cahaya, dan
energi listrik
4. Manfaat dari pembuatan PLTA
Manfaat
pembuatan PLTA adalah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik yang
dapat digunakan sebagai sumber energy yang dapat menerangi rumah. Selain itu
juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang pariwisata, perikanan, irigasi, dan
pengendali banjir.
5. PLTU menggunakan bahan bakar batu bara
sedangkan PLTA memnfaatkan air
Penilaian
Nilai = (Jumlah benar pilihan ganda x 2 )+
(Jumlah benar essay x 4 )
4
|
1.
Menentukan bahan
pembelajaran dan tujuan pembelajaran
1)
Menggunakan bahan
pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum
(GBPP)
2)
Merumuskan tujuan
pembelajaran/indikator
Rata-rata butir 1 =
A
2.
Titik mengembangkan dan mengorganisasikan materi Menentukan
tema menentukan media alat bantu pembelajaran dan sumber belajar
2.1.Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
pembelajaran
2.2.Mengembangkan jaringan tema dan menentukan
tema khusus untuk pembelajaran tematik
2.3.Menentukan dan mengembangkan media atau
alat bantu
pembelajaran yang relevan dengan tema
2.4.Memilih sumber belajar
Rata-rata butir2 = B
3.
Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1. Menentukan jenis kegiatan pembelajaran atau
kesesuaiannya dengan tema
3.2. Menyusun langkah-langkah pembelajaran atau
kesesuaiannya dengan
tema
3.3. Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4. Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5. Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata butir 3 = C
4.
Merancang pengelolaan kelas
4.1.
Menentukan penataan
ruang dan fasilitas belajar
4.2.
Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa
agar dapat berpartisipasi
dalam pembelajaran
Rata-rata butir 4 = D
5. Merencanakan
prosedur jenis dan menyiapkan alat penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak
selama mengikuti PBM
5.1.
Menentukan prosedur
jenis penilaian khusus untuk
pembelajaran tematik prosedur
penilaian dilakukan
secara berkala
berkesinambungan dan menyeluruh
5.2.
Menentukan jenis
penilaian
5.3.
Membuatkan alat-alat
penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E
6. Titik tampilan
dokumen perencanaan pembelajaran
6.1.Kebersihan dan kerapian
6.2.Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6 = F
|
||||
|
|
1. Satu melakukan
pembelajaran
1.1.
Melaksanakan tugas rutin kelas
1.2.
Memulai kegiatan pembelajaran
1.3.
Menggunakan ragam kegiatan
yang sesuai dengan
kemampuan tujuan siswa situasi dan lingkungan
1.4.
Melaksanakan kegiatan dalam
urutan yang logis dan
sistematis
1.5.
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran secara individual
kelompok atau klasikal
1.6.
Menggunakan sumber belajar
yang sesuai dengan
kemampuan tujuan siswa situasi
dan lingkungan
1.7.
Menggunakan media belajar
yang sesuai
dengan tujuan siswa situasi
dan lingkungan
1.8.
Menggunakan waktu
pembelajaran secara efisien
1.9.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
Rata-rata butir 1 = P
2.
Mengelola interaksi kelas
2.1.
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka
dan penuh pengertian kepada
siswa
2.2.
Memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
2.3.
Melakukan komunikasi
secara efektif
2.4.
Mengembangkan hubungan
antar pribadi yang sehat
dan serasi
2.5.
Menghargai keragaman
siswa serta membantu siswa
menyadari kelebihan dan
kekurangan
2.6.
Membantu menumbuhkan
kepercayaan diri siswa
Rata-rata butir2 = Q
3.
Mendemontrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata
pelajaran tertentu
a.
Bahasa Indonesia
3.a.1
Mendemonstrasikan
penguasaan materi
bahasa Indonesia
3.a.2
Memberikan latihan
keterampilan berbahasa
3.a.3
Memberikan latihan
keterampilan mengapresiasi
sastra
3.a.4
Mengembangkan
kemampuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar
3.a.5
Memupuk kegemaran
membaca
Rata-rata butir 3.a = R
b.
Matematika
3.b.1.
Menanamkan konsep matematika melalui
kegiatan manipulatif
3.b.2.
Menguasai
simbol-simbol matematika
3.b.3.
Memberikan latihan penggunaan konsep
matematika dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 3.b = R
c.
IPA
3.b.1.
Melalui pengalaman langsung
3.b.2.
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung
3.b.3.
Menerapkan konsep IPA
dalam kehidupan
sehari-hari
3.b.4.
Menampilkan penguasaan
IPA
Rata-rata butir 3.c = R
d.
IPS
3.d.1.
menerapkan metode observasi dalam pembelajaran
IPS
3.d.2.
menggunakan media atau
alat bantu dalam
pembelajaran IPS
3.d.3.
meningkatkan
keterlibatan siswa dalam
pembelajaran IPS
3.d.4.
ketetapan menggunakan
istilah istilah atau
konsep IPS dalam pembelajaran
IPS
3.d.5.
menerapkan konsep IPS
terpadu dalam kehidupan
3.d.6.
sehari-hari
Rata-rata butir .d = R
e.
PKn
3.e.1.
kemahiran dalam menggunakan metode yang
bervariasi
3.e.2.
kemahiran menggunakan
media pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
3.e.3.
meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
3.e.4.
ketetapan menggunakan
istilah-istilah khusus
dalam konsep dalam pendidikan
kewarganegaraan
3.e.5.
penguasaan materi
Pendidikan Kewarganegaraan
3.e.6.
menerapkan konsep
Pendidikan Kewarganegaraan
dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 3.e = R
f.
Tematik
3.f.1.
Menampilkan penguasaan pembelajaran tematik
secara holistik
3.f.2.
Kemahiran mengaitkan
tema dengan kehidupan
sehari-hari dan bidang ilmu
lainnya
3.f.3.
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung
Rata-rata butir 3.f = R
4.
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
1.
Melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran
2.
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
3.
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
Rata-rata butir 4 = S
5.
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
5.1.
Penguasaan substansi
5.2.
Peka terhadap kemampuan berbahasa
5.3.
Penampilan guru dalam pembelajaran
5.4.
Keefektifan
pembelajaran
Rata-rata butir 5 = T
|
|||||
|
|||||
|
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama :
NIM :
Program
Studi : PGSD
UPBJJ : Semarang
A. Refleksi Komponen
1. Apa kegiatan membuka
pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa
mengikuti pelajaran dengan baik?
Jawab :
Kegiatan membuka
kelas yang saya lakukan dapat menumbuhkan semangat siswa.
2.
Bagaimana tanggapan siswa
terhadap materi dan bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan
Apakah materi terlalu tinggi terlalu rendah atau sudah sesuai dengan kemampuan
awal siswa?
Jawab :
Materi yang saya
sampaikan sesuai dengan kemampuan siswa.
3.
Bagaimana respon siswa
terhadap media pembelajaran yang digunakan Apakah media sudah sesuai dan
mempermudah siswa menguasai kompetensi atau materi yang diajarkan?
Jawab :
Materi yang saya
gunakan mempermudah siswa menguasai materi yang diajarkan.
4.
Bagaimana tanggapan siswa
terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
Jawab :
Saya merasa siswa
merespon dengan baik
5.
Bagaimana tanggapan siswa
terhadap metode atau teknik pembelajaran yang saya gunakan?
Jawab :
Siswa menanggapi
secara positif metode pembelajaran yang saya gunakan.
6.
Bagaimana tanggapan siswa
terhadap pengelolaan kelas perlakuan saya terhadap siswa cara saya mengatasi
masalah memotivasi siswa yang saya lakukan?
Jawab :
Saya merasa siswa
menanggapi dengan baik.
7.
Apakah siswa dapat menangkap
penjelasan atau instruksi yang saya berikan dengan baik?
Jawab :
Sebagian siswa
dapat menangkap penjelasan dengan baik.
8.
Bagaimanakah tanggapan siswa
terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan?
Jawab :
Sebagian besar
siswa bisa mengerjakan latihan dengan baik.
9.
Apakah siswa telah mencapai
penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
Jawab :
Jawab :
Menurut saya sebagian besar siswa dapat mencapai
penguasaan dengan baik.
10. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu
pembelajaran dengan baik?
Jawab :
Saya dapat
mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik.
11. Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah
dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya
sampaikan?
Jawab :
Kegiatan menutup pembelajaran yang saya lakukan
cukup baik.
B. Refleksi Menyeluruh
1. Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan
sebagaimana mestinya jika tidak menyeluruh Apakah saya melakukan penyesuaian
rencana pengajaran dengan baik?
Jawab :
Rencana
pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya.
2.
Apakah kelemahan-kelemahan
saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran dalam hal apa saja penguasaan
materi penggunaan bahan dan media penataan kegiatan penggunaan metode dan
teknik pembelajaran penataan kegiatan pengelolaan kelas komunikasi dan
pendekatan terhadap siswa penggunaan waktu serta penilaian belajar?
Jawab :
Kelemahan saya
adalah dalam melakukan pembelajaran terletak pada metode yang kurang bervariasi.
3.
Apa saja penyebab kelemahan
saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan?
Jawab :
Alat peraga saya
kurang menarik
4.
Apakah kekuatan saya atau
halal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
Sebagian besar
siswa mencapai tujuan pembelajaran.
5.
Apa penyebab kelebihan dan
kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
Saya berusaha menyampaikan
materi sejelas mungkin.
6.
Bagaimana kebaikan dan
kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan?
Jawab :
Saya merasa
kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar harus ditingkatkan.
7.
Hal-hal unik positif dan
negatif apa saja yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
Jawab :
siswa antusias
melaksanakan pembelajaran hal negatif nya adalah ada sebagian siswa yang kurang
antusias waktu diberi latihan.
8.
Ketika ditanya tentang dasar
dan alasan pengambilan keputusan tindakan mengajar yang saya lakukan Apakah
saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?
Jawab :
Dasar-dasar akan pengambilan keputusan dan
tindakan mengajar saya dapat dipertanggung
jawabkan secara ilmiah.
JURNAL PEMBIMBINGAN PKM
NIM / Nama Mahasiswa :
Mengajar di Kelas : VI
Sekolah :
No.
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil / Komentar
|
Paraf
|
|
mhs
|
Supv. 1
|
||||
1.
|
Selasa,
08 Maret 2016
|
Mendiskusikan
penyusunan RPP Simulasi ( IPA )
Perpindahan
dan perubahan energi listrik
|
·
Penggunaan media pembelajaran usahakan yang
membuat siswa tertarik
|
|
|
2.
|
Selasa,
08 Maret 2016
|
Mengamati
pelaksanaan pembelajaran
IPA
Perpindahan
dan perubahan energi listrik
|
·
Penguasaan kelas sudah baik
·
Pembelajaran berjalan runtut sesuai RPP
|
|
|
Pati,
23 April 2016
Mengetahui
Supervisor 1 Supervisor
1
Comments
Post a Comment