RPP PKM kelas VI

RPP PKM kelas VI, lengkap dengan penilaian dan refleksi



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       :

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : VI

Semester                                 : 2 (dua)

Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi             : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2  Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik


Energi dan Perubahannya

B.       Energi listrik

o  Memahami peta konsep tentang energi listrik
o  Mengerjakan kegiatan 7.4, 7.5,  7.6,  7.7,  7.8.
o  Mengerjakan uji kompetensi. dan Latihan soal.
o  Memahami prinsip kerja sumber energi listrik generator
o  Menyebutkan penggerak pembangkit listrik
-   Tenaga air
-   Tenaga diesel
-   Tenaga uap
-   Tenaga nuklir
-   Tenaga panas bumi
-   Tenaga matahari
-   Tenaga angin
o  Menjelaskan proses kerja pembangkit listrik
o  Memahami bagian dari baterai, aki dan dinamo sepeda
o  Memahami prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda
o  Menjelaskan perubahan energi listrik
o  Menyebutkan alat-alat yang menggunakan energi listrik
o  Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari PLTN
o  Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari baterai
o  Menyebutkan alat ukur listrik
-   Ohmmeter
-   Amperemeter
-   Voltmeter
-   AVO meter

o  Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh menggosok benda.
o  Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik.
o  Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
o  Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
o  Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o  Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik.



Tugas Individu

dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


kegiatan 7.4
Hlm.119

kegiatan 7.5
Hlm.122

kegiatan 7.6
Hlm.123

kegiatan 7.7
Hlm.124

kegiatan 7.8.
Hlm.125

uji kompetensi
Hlm.129

Latihan soal.
Hlm.131


10 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Penggaris, kertas, buku
-  Kabel 50 cm, lampu 1,5 V, baterai

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                       :          
Mata Pelajaran          :           Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester          :           VI ( Enam ) / II ( Dua )
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit ( 1 Pertemuan )
Hari / Tanggal           :          
                                                                                                           
I.          Standar Kompetensi  
 7. Mempraktikkan  pola penggunaan dan perpindahan energi.

II.       Kompetensi Dasar                  
7.2  Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.

III.    Indikator           
          Peserta didik mampu :
7.2.1        Menjelaskan cara perpindahan energi listrik
7.2.2        Mendriskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain

IV. Tujuan             
1.      Melalui percobaan perpindahan energi listrik siswa dapat memahami perpindahan energi listrik dengan benar
2.      Dengan mengamati percobaan siswa dapat memahami perubahan energi listrik menjadi energi lain dengan tepat dan benar

Karakteristik yang diharapkan:
-           Kerjasama
-          Tanggungjawab
-          Kejujuran
-           Keaktifan

V. Materi                
1.      Perpindahan dan perubahan energi listrik
2.      Lingkungan dan daerah-daerah yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air.
3.      Cara kerja dalam pembangkit listrik tenaga air.
4.      Pemanfaatan atau keuntungan yang di dapat dari Pembangkit Listrik Tenaga Air  bagi masyarakat di lingkungan setempat dalam kegiatan sehari-hari.

VI. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Pengamatan
3.      Demonstrasi
4.      Tanya jawab

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran

Tahapan Kegiatan
Uraian Kegiatan
Metode
Waktu
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi
1. Salam
2.   Doa
3.   Presensi
4.   Pengkondisian kelas
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6. Guru memberikan tanya jawab tentang pemanfaatan kincir air pada pembangkit listrik, “anak-anak, apakah kalian pernah melihat kincir air?”

Klasikal

Klasikal

Klasikal

10 menit

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1. Guru memberi penjelasan tentang perpindahan dan perubahan enegri listrik.
2. Guru menunjukan video “Membuat Daya Lisrik dengan menggunakan kincir air”
b.      Elaborasi
1. Guru menjelaskan cara kerja dari kincir air.
2.      Guru menjelaskan lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk tempat pembuatan PLTA.
3.       Guru membagi kelas dalam 3 kelompok besar dan menjelaskan tujuan dibaginya kelompok-kelompok.
4.      Guru memberikan LKS kepada tiap-tiap kelompok.
5.      Siswa mendiskusikan pemanfaatan PLTA
6.        Guru membimbing siswa dalam diskusi
7.        Siswa menjelaskan pemanfaatan PLTA bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

c.       Konfirmasi
1.    Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berani maju.
2.      Guru mengkonfirmasi hasil dari masing-masing kelompok.
3.      Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya.
4.      Guru mengkonfirmasi dan mengevaluasi serta memberikan penguatan atau umpan balik terhadap hasil kerja siswa.

Klasikal





Klasikal







Kelompok





Klasikal

10 menit





5 menit







20 menit





10 menit
Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat simpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.      Guru memberikan soal-soal evaluasi
3.      Guru memberikan tugas (PR) untuk pertemuan selanjutnya.
4.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Klasikal


Individu
Klasikal

Klasikal
15  menit



VIII. Media dan Sumber Belajar
          Media                :
-    Gambar perubahan energi listrik
          Sumber              :
-Sulistyono, Heri.2008. BSE Ilmu pengetahuan Alam.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.


IX. Penilaian                         
1.      Prosedur penilaian      : proses, tes akhir
2.      Jenis penilaian            : tertulis, lisan, perbuatan
3.      Tehnik tes                   : tes tertulis dan non tes

X.    Lampiran – Lampiran
1.      Materi
2.      Lembar Kerja Siswa ( LKS )
3.      Lembar Tugas Siswa ( LTS )
4.      Kunci Jawaban
























MATERI AJAR

PLTA
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan ini biasa disebut sebagai hidroelektrik.
Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.
PLTA merubah energi yang disebabkan gaya jatuh air untuk menghasilkan listrik. Turbin mengkonversi tenaga gerak jatuh air ke dalam daya mekanik. Kemudian generator mengkonversi daya mekanik tersebut dari turbin ke dalam tenaga elektrik.
Jenis PLTA bermacam-macam, mulai yang berbentuk “mikro-hidro” dengan kemampuan mensupalai untuk beberapa rumah saja sampai berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang menyediakan listrik untuk berjuta-juta orang-orang. Photo dibawah ini menunjukkan PLTA di Sungai Wisconsin, merupakan jenis PLTA menengah yang mampu mensuplai listrik untuk 8.000 orang.

KEUNTUNGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR
Pembangkit Listrik Tenaga Air memiliki beberapa kelebihan yang tidak dapat dipisah-pisahkan yang membuatnya semakin menarik, seperti berikut ini :
(1) Bahan bakar PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) adalah batu bara. Berdasarkan pengertian yang sama, kita dapat mengatakan bahwa bahan bakar untuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) adalah Air. Keunggulan bahan bakar untuk PLTA ini sama sekali tidak habis terpakai ataupun berubah menjadi sesuatu yang lain. PLTU sekarang ini menghadapi masalah tentang menipisnya sumber-sumber kekayaan bumi yang ada dan masalah pembuangan limbahnya yang berupa abu batu bara. Sedangkan PLTA tidak menghadapi masalah yang serupa. Ia merupakan suatu sumber energi yang abadi, tidak seperti bahan bakar fosil. Air melimpas melalui turbin, tanpa kehilangan kemampuan pelayanan sungai untuk wilayah hilirnya. Ia masih mampu mengairi sawah-sawah ataupun menghilangkan dahaga kota-kota akan air bersih.
(2) Biaya pengoperasian dan pemeliharaan PLTA sangat rendah jika dibandingkan dengan PLTU atau PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). Pada PLTU, di samping pengeluaran biaya untuk batu bara, perlu diperhitungkan pula biaya transportasi bahan bakar tersebut. Demikian pula hal ini berlaku pada PLTA. Pada PLTA, transportasi berlangsung secara alamiah hampir pada setiap kasus (kecuali pada PLTA dengan sistem kombinasi antara tampungan dan pompa).
(3) Turbin-turbin pada PLTA bisa dioperasikan atau dihentikan pengoperasiannya setiap saat. Hal ini tidak dimungkinkan pada PLTU atau PLTN. Untuk memenuhi kebutuhan puncak yang hanya terjadi selama beberapa jam saja, bukan merupakan masalah bagi PLTA, karena dengan kemampuan untuk dioperasikan atau dihentikan kembali hampir pada setiap saat merupakan suatu modal utama dalam pengoperasian, sementara pada PLTU dan PLTN akan mengakibatkan pemborosan bahan bakar yang luar biasa.
(4) PLTA, cukup sederhana untuk dimengerti dan cukup mudah untuk dioperasikan. Ketangguhan sistemnya dapat lebih diandalkan dibandingkan dengan sumber-sumber daya lainnya.
(5) Peralatan PLTA yang mutakhir, umumnya memiliki peluang yang besar untuk bisa dioperasikan selama lebih dari 50 tahun. Hal ini cukup bersaing jika dibandingkan dengan umur effektif dari PLTN yang sekitar 30 tahun.
(6) Mengingat kemudahannya untuk memikul beban ataupun melepaskannya kembali, PLTA juga bisa dimanfaatkan sebagai cadangan yang bisa diandalkan pada sistem kelistrikan terpadu antara PLTU, PLTA dan PLTN.
(7) Dengan teknik perencanaan yang mutakhir, PLTA dapat menghasilkan tenaga dengan efisiensi yang sangat tinggi meskipun fluktuasi beban cukup besar.
(8) Pengembangan mutakhir yang telah dicapai pada pengembangan turbin air, telah dimungkinkan untuk memanfaatkan jenis turbin yang sesuai dengan kadaan setempat.
(9) Pengembangan PLTA yang juga ramah lingkungan dengan memanfaatkan arus sungai dapat menimbulkan juga manfaat lain misalnya pariwisata, perikanan, dan lain-lain, sedangkan jika diperlukan waduk untuk keperluan tersebut dapat dimanfaatkan pula misalnya sebagai irigasi dan pengendali banjir.




LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester     : VI / II
Materi                     : Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik
Hari / Tanggal         :                 

Diskusikan dengan kelompok kalian masing – masing !
Bandingkan kelebihan PLTA dengan PLTU
No
PLTA
PLTU
1



2



3



4



5





Kelompok :
Nama          :
1.      ....................
2.      ...................
1.    .....................
2.     ....................
3.    ....................








LEMBAR TUGAS SISWA
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester     : VI / II
Materi                     : Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik
Hari / Tanggal         :                 

A.    Pilihlah jawaban yang kamu  anggap benar!
1.      Air terjun dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Energi air terjun diubah menjadi energi listrik menggunakan . . . .
a. dinamo                         b. generator                 c. sel surya                   d. turbin
2.      Gejala kelistrikan dapat ditimbulkan oleh muatan yang diam. Gejala kelistrikan ini   disebut listrik . . . .
a.       Statis              b.      Dinamis                 c.       Kinetis                  d.      Praktis
3.      Lampu neon mengubah energi listrik menjadi energi . . . .
a.       panas dan bunyi    b.      panas dan cahaya    c.       bunyi dan cahaya  d.       cahaya dan gerak
4.      Kegiatan manakah yang dapat menghemat energi listrik?
a.       Membiarkan komputer menyala walaupun tidak digunakan.
b.      Membuka tutup lemari es dalam waktu lama.
c.       Mematikan lampu ketika mau pergi.
d.      Menonton televisi sampai larut malam.
5.   Masyarakat dapat menikmati aliran listrik di rumah-rumah. Aliran listrik di Indonesia umumnya berasal dari . . . .
a. PLTG                                        c. PLTA
b. PLTU                                        d. PLTN

6.  Alat yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik yang berasal dari
pusat listrik adalah ....
a. sekering              b. trafo                                    c. sakelar                     d. dinamo

7. Tempat muatan listrik berpotensial tinggi disebut ....
     a. kutub netral        b. kutub negatif           c. kutub positif            d. kutub arus

 8. Rangkaian listrik disusun dengan tiga cara, kecuali ....
     a. paralel                 b. seri                           c. campuran                 d. saling silang

 9. Alat ukur tegangan listrik adalah ....
     a. voltmeter                        b. amperemeter            c. ohmmeter                d. wattmeter

10. Salah satu sumber listrik adalah ....
     a. batu baterai         b. lampu                      c. bohlam                     d. sakelar



B.     Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1.      Contoh dari perubahan energi listrik adalah...
2.      Langkah terakhir dalam  pembuatan PLTA sederhana adalah...
3.      4 macam bentuk energi yaitu...
4.      Manfaat dari pembuatan PLTA dalam masyarakat adalah...
5.      Perbandingan manfaat penggunaan PLTA dengan PLTU adalah...




































KUNCI JAWABAN
Pilihan ganda

1.      B              6. B
2.      A              7. C
3.      B              8. D
4.      C              9. A
5.      C            10. A

Uraian

1.      Contoh dari perubahan energi listrik adalah :
a.       Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas misalnya setrika listrik dan solder listrik.
b.      Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi suara misalnya radio dan tape.
c.       Perubahan dari energi listrik menjadi energi cahaya misalnya lampu.
d.      Perubahan dari energi listik menjadi energi cahaya (gambar) dan suara misalnya pada televisi.
e.       Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi gerak misalnya terdapat pada kipas angin.

2.      Mengalirkan air pada turbin.

3.      Energi kimia, energi panas, energi cahaya, dan energi listrik

4.      Manfaat dari pembuatan PLTA
Manfaat pembuatan PLTA adalah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik yang dapat digunakan sebagai sumber energy yang dapat menerangi rumah. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang pariwisata, perikanan, irigasi, dan pengendali banjir.

5.      PLTU menggunakan bahan bakar batu bara sedangkan PLTA memnfaatkan air


Penilaian
Nilai =             (Jumlah benar pilihan ganda x 2 )+ (Jumlah benar essay x 4 )
                                                                        4




ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1
APKG
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN

NAMA GURU/MAHASISWA       :
TEMPAT MENGAJAR                  :
NIM                                                    :
KELAS                                              : VI ( ENAM )
MATA PELAJARAN                      : ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
WAKTU (JAM)                                : 08.10 – 09.35 WIB
HARI, TANGGAL                           : SELASA, 23 APRIL 2016
UPBJJ-UT                                         :

Petunjuk
Baca dengan cermat rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan digunakan oleh mahasiswa ketika mengajar kemudian Nilailah semua aspek yang terdapat di dalam rpp tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.

 
 














1.      Menentukan bahan pembelajaran dan tujuan pembelajaran
1)      Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum (GBPP)
2)      Merumuskan tujuan pembelajaran/indikator


 
Rata-rata butir 1 =  A

2.      Titik mengembangkan dan mengorganisasikan materi Menentukan tema menentukan media alat bantu pembelajaran dan sumber belajar
2.1.Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
      pembelajaran
2.2.Mengembangkan jaringan tema dan menentukan
 tema khusus untuk pembelajaran tematik
2.3.Menentukan dan mengembangkan media atau
alat bantu pembelajaran yang relevan dengan tema
2.4.Memilih sumber belajar 

Rata-rata butir2 = B

3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1.        Menentukan jenis kegiatan pembelajaran atau
kesesuaiannya dengan tema
3.2.        Menyusun langkah-langkah pembelajaran atau
 kesesuaiannya dengan tema
3.3.        Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4.        Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5.        Menyiapkan pertanyaan


 
Rata-rata butir 3 = C

4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1.        Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
4.2.        Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa
agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran


 
Rata-rata butir 4 = D

5.      Merencanakan prosedur jenis dan menyiapkan alat penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak selama mengikuti PBM
5.1.        Menentukan prosedur jenis penilaian khusus untuk
pembelajaran tematik prosedur penilaian dilakukan
secara berkala berkesinambungan dan menyeluruh
5.2.        Menentukan jenis penilaian
5.3.        Membuatkan alat-alat penilaian dan kunci jawaban


 
Rata-rata butir 5 = E

6.      Titik tampilan dokumen perencanaan pembelajaran
6.1.Kebersihan dan kerapian
6.2.Penggunaan bahasa tulis


 
Rata-rata butir 6 = F








Nilai APKG 1 = R

R = A + B + C + D + E + F =
                        6

R = Rata-rata butir

 


Trangkil, 23 April 2016
Mengetahui,
Kepala SD                                           Supervisor 1



 
 























                                                                                         



























ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2
(APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN

Nama Guru / Mahasiswa                     :
NIM                                                    :
Tempat Mengajar                                :
Kelas                                                   : VI ( ENAM )
Mata Pelajaran                                    : ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
Waktu                                                 : 08.10 – 09.35 WIB
Hari Tanggal                                       : SELASA, 23 APRIL 2016
UPBJJ-UT                                           : SEMARANG
Petunjuk
1.      Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.      pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3.      Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan bagan butir-butir penilaian di bawah ini
4.      khusus untuk butir tiga yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan

 
 






















1.      Satu melakukan pembelajaran
1.1.   Melaksanakan tugas rutin kelas
1.2.   Memulai kegiatan pembelajaran
1.3.   Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
 kemampuan tujuan siswa situasi dan lingkungan
1.4.   Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis dan
 sistematis
1.5.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual
kelompok atau klasikal
1.6.   Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan tujuan siswa situasi dan lingkungan
1.7.   Menggunakan media belajar yang sesuai
dengan tujuan siswa situasi dan lingkungan
1.8.   Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
1.9.   Mengakhiri kegiatan pembelajaran


 
Rata-rata butir 1 = P

2.      Mengelola interaksi kelas
2.1.   Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat terbuka
dan penuh pengertian kepada siswa
2.2.   Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
2.3.   Melakukan komunikasi secara efektif
2.4.   Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat
dan serasi
2.5.   Menghargai keragaman siswa serta membantu siswa
menyadari kelebihan dan kekurangan
2.6.   Membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa


 
Rata-rata butir2 = Q

3.      Mendemontrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
a.      Bahasa Indonesia
3.a.1       Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia
3.a.2       Memberikan latihan keterampilan berbahasa
3.a.3       Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi
sastra
3.a.4       Mengembangkan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar
3.a.5       Memupuk kegemaran membaca


 
Rata-rata butir 3.a = R

b.      Matematika
3.b.1.    Menanamkan konsep matematika melalui
kegiatan manipulatif
3.b.2.    Menguasai simbol-simbol matematika
3.b.3.    Memberikan latihan penggunaan konsep
 matematika dalam kehidupan sehari-hari


 
Rata-rata butir 3.b = R

c.       IPA
3.b.1.    Melalui pengalaman langsung
3.b.2.    Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung
3.b.3.    Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan
sehari-hari
3.b.4.    Menampilkan penguasaan IPA


 
Rata-rata butir 3.c = R

d.      IPS
3.d.1.   menerapkan metode observasi dalam pembelajaran
IPS
3.d.2.   menggunakan media atau alat bantu dalam
pembelajaran IPS
3.d.3.   meningkatkan keterlibatan siswa dalam
pembelajaran IPS
3.d.4.   ketetapan menggunakan istilah istilah atau
konsep IPS dalam pembelajaran IPS
3.d.5.   menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan
3.d.6.    sehari-hari

Rata-rata butir .d = R

e.       PKn
3.e.1.    kemahiran dalam menggunakan metode yang
bervariasi
3.e.2.    kemahiran menggunakan media pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan

3.e.3.    meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
 pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
3.e.4.    ketetapan menggunakan istilah-istilah khusus
dalam konsep dalam pendidikan kewarganegaraan
3.e.5.    penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan
3.e.6.    menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalam kehidupan sehari-hari


 
Rata-rata butir 3.e = R
     
f.       Tematik
3.f.1.     Menampilkan penguasaan pembelajaran tematik
 secara holistik
3.f.2.     Kemahiran mengaitkan tema dengan kehidupan
sehari-hari dan bidang ilmu lainnya
3.f.3.     Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung
Rata-rata butir 3.f = R

4.      Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
1.      Melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran
2.      Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
3.      Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran


 
Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
5.1.   Penguasaan substansi
5.2.   Peka terhadap kemampuan berbahasa
5.3.   Penampilan guru dalam pembelajaran
5.4.   Keefektifan pembelajaran


 
Rata-rata butir 5 = T









Catatan singkat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar, saran perbaikan

 



NILAI APKG 2 = R

R = P +Q + R + S + T =
                    5

R = Rata-rata butir

 


Trangkil, 23 April 2016
Mengetahui,
Kepala SD                                           Supervisor 1



 
 












































LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                           :
NIM                            :
Program Studi             : PGSD
UPBJJ                         : Semarang

A. Refleksi Komponen
1.      Apa kegiatan membuka  pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
Jawab :
Kegiatan membuka kelas yang saya lakukan dapat menumbuhkan semangat siswa.

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi dan bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan Apakah materi terlalu tinggi terlalu rendah atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?
Jawab :
Materi yang saya sampaikan sesuai dengan kemampuan siswa.

3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan Apakah media sudah sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi atau materi yang diajarkan?
Jawab :
Materi yang saya gunakan mempermudah siswa menguasai materi yang diajarkan.

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
Jawab :
Saya merasa siswa merespon dengan baik
5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode atau teknik pembelajaran yang saya gunakan?
Jawab :
Siswa menanggapi secara positif metode pembelajaran yang saya gunakan.

6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas perlakuan saya terhadap siswa cara saya mengatasi masalah memotivasi siswa yang saya lakukan?
Jawab :
Saya merasa siswa menanggapi dengan baik.

7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan atau instruksi yang saya berikan dengan baik?
Jawab :
Sebagian siswa dapat menangkap penjelasan dengan baik.

8.      Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan?
Jawab :
Sebagian besar siswa bisa mengerjakan latihan dengan baik.

9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
 Jawab :
Menurut  saya sebagian besar siswa dapat mencapai penguasaan dengan baik.

10.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
Jawab :
Saya dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik.

11.  Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan?
Jawab :
Kegiatan menutup pembelajaran yang saya lakukan cukup baik.

B. Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya jika tidak menyeluruh Apakah saya melakukan penyesuaian rencana pengajaran dengan baik?
Jawab :
Rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran dalam hal apa saja penguasaan materi penggunaan bahan dan media penataan kegiatan penggunaan metode dan teknik pembelajaran penataan kegiatan pengelolaan kelas komunikasi dan pendekatan terhadap siswa penggunaan waktu serta penilaian belajar?
Jawab :
Kelemahan saya adalah dalam melakukan pembelajaran terletak pada  metode yang kurang bervariasi.

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan?
Jawab :
Alat peraga saya kurang menarik

4.      Apakah kekuatan saya atau halal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
Sebagian besar siswa mencapai tujuan pembelajaran.

5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
Saya berusaha menyampaikan materi sejelas mungkin.

6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan?
Jawab :
Saya merasa kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar harus ditingkatkan.

7.      Hal-hal unik positif dan negatif apa saja yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
Jawab :
siswa antusias melaksanakan pembelajaran hal negatif nya adalah ada sebagian siswa yang kurang antusias waktu diberi latihan.

8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan tindakan mengajar yang saya lakukan Apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?
Jawab :
Dasar-dasar akan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar saya  dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.





























JURNAL PEMBIMBINGAN PKM

NIM / Nama Mahasiswa       : 
Mengajar di Kelas                 : VI
Sekolah                                   : 
No.
Hari/Tanggal
Kegiatan
Hasil / Komentar
Paraf
mhs
Supv. 1
1.
Selasa, 08 Maret  2016
Mendiskusikan penyusunan RPP Simulasi ( IPA )
Perpindahan dan perubahan energi listrik
·      Penggunaan media pembelajaran usahakan yang membuat siswa tertarik



2.
Selasa, 08 Maret 2016
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
IPA
Perpindahan dan perubahan energi listrik
·       Penguasaan kelas sudah baik
·       Pembelajaran berjalan runtut sesuai RPP




                                                                                    Pati, 23 April 2016
Mengetahui
Supervisor  1                                                              Supervisor  1



Comments

Popular posts from this blog