praktikum ipa udara
Pembakaran
Memerlukan Udara
A. Tujuan
Menjelaskkan kegunaan udara
B. Alat dan Bahan
1) Lilin 2 batang yang sama.
2) Korek api.
3) Gelas dengan ukuran yang berbeda.
4) Stop watch.
5) Piring atau mangkok.
A. Cara Kerja
1) Dua
lilin yang sama ukurannya,diameter,panjang,warna,dan bentukknya disediakan.
2) Kedua
lilin di letakkan di atas meja,dan di beri jarak antar lilin sekitar 30 cm.
3) Kedua
lilin tersebut di nyalakan.
4) Salah
satu lilin di tutup dengan gelas.
5) Lama
lilin menyala antara kedua lilin tersebut di bandingkan kemudian perubahan yang
terjadi di amati dan di catat.
6) Lilin
di nyalakan,lilin di tutup dengan gelas.
7) Waktu
antaralilin menyala saat di tutup gelas sampai lilin mati di amati dan dicatat.
8) Data
pengamatan di masukkan pada tabel yang tersedia.
9) Langkah
6-8 di ulangi,untuk 5 kali pengamatan.
B. Hasil
Pengamatan
No.
|
Selang waktu sampai lilin mati (t)
|
1
|
± 08.35 detik
|
2
|
± 08.45 detik
|
3
|
± 08.78 detik
|
4
|
±08.28 detik
|
5
|
±08.81
detik
|
Udara
Menekan dari Tekanan Tinggi ke Tekanan Rendah
A. Tujuan
Menjelaskan
kegunaan udara
B. Alat
dan Bahan
1)
Lilin 2 batang yang sama
2)
Korek api
3)
Gelas
4)
Stop Watch
5)
Pring/mangkok
C. Cara
Kerja
1)
Lilin diletakkan di atas piring/mangkok
dari bahan gelas.
2)
Pirimg/mangkok diisi air kira-kira
setinggi 2 cm.
3)
Lilin dinyalakan, kemudian di tutup
dengan gelas kaca.
4)
Nyala lilin dan permukaan air dalam
gelas diamati.
5)
Hasil pengamatan dicatat pada lembar
kerja.
Udara
Sebagai Sumber Energi
A. Tujuan
Mengetahui manfaat dari udara.
B. Alat dan Bahan
1.Balon.
2.Selongsong bolpoin plastik.
3.Gulungan
kawat.
4.Pita perekat (solatif).
5.Gunting.
C. Cara Kerja
1) Balon ditiup sampai besar dan kencang, Kemudian diikat
dengan karet.
2) Selongsong bolpoin dengan balon diisolasi.
3) Dua sisi penyangga disediakan, dapat berupa tiang,
dinding atau dua buah kursi, jaraknya sekitar 1.5 meter diatur.
4) Kawat dimasukan dalam selongsong bolpoin, kemudian
alat dan bahan disusun. Ujung – ujung
kawat diikat pada kedua sisi penyangga yang dapat berupa tiang.
5) Pangkal selongsong bolpoin ditarik sampai ujung
bentangan kawat.
6) Ikatan pengikat karet dibuka.
7) Bentuk dan gerak balon setelah tiupannya dilepaskan
diamati dan dicatat.
8) Balon ditiup dan dilepaskan tanpa menggunakan
lintasan.
9) Gerak balon diamati dan dicatat.
10) Variasi besar kecilnya pengaruh balon diamati.
D. Pertanyaan
1) Mengapa lilin yang menyala ketika ditutup gelas akan
padam ? jelaskan !
2) Bagaimana anda dapat menunjukan bahwa udara memenuhi
ruangan?
3) Bagaimana anda menjelaskan kepada siswa bahwa udara
bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah ?
4) Jelaskan apa yang dimaksud dengan udara sebagai
sumber energi !!
E. Jawaban Pertanyaan
1. Lilin yang menyala
ditutup gelas akan padam karena di dalam gelas tidak ada udara (hampa udara) sehingga membuat lilin
padam.
2. Bukti kalau udara udara seperti balon ditiup, ban sepeda
dan lainnya.
3. Udara bergerak dari
tempat bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah, hal ini dibuktikan
dengan padamnya lilin dalam ruang hampa udara karena udara menekan dari tekanan
tinggi ke tempat bertekanan rendah.
4. Udara sebagai sumber
energi, udara dapat mendorong roket keluar angkasa karena tekanan udara yang
tinggi sehingga dapat mendorong roket meluncur.
Comments
Post a Comment