praktikum ipa udara




Pembakaran Memerlukan Udara

A.  Tujuan
                  Menjelaskkan kegunaan udara

B.  Alat dan Bahan
1)   Lilin 2 batang yang sama.


2)   Korek api.
3)   Gelas dengan ukuran yang berbeda.
4)   Stop watch.
5)   Piring atau mangkok.

A.  Cara Kerja
1)  Dua lilin yang sama ukurannya,diameter,panjang,warna,dan bentukknya disediakan.
2)  Kedua lilin di letakkan di atas meja,dan di beri jarak antar lilin sekitar 30 cm.
3)  Kedua lilin tersebut di nyalakan.
4)  Salah satu lilin di tutup dengan gelas.
5)  Lama lilin menyala antara kedua lilin tersebut di bandingkan kemudian perubahan yang terjadi di amati dan di catat.
6)  Lilin di nyalakan,lilin di tutup dengan gelas.
7)  Waktu antaralilin menyala saat di tutup gelas sampai lilin mati di amati dan dicatat.
8)  Data pengamatan di masukkan pada tabel yang tersedia.
9)  Langkah 6-8 di ulangi,untuk 5 kali pengamatan.

B.  Hasil Pengamatan
No.
Selang waktu sampai lilin mati (t)
1
± 08.35 detik
2
± 08.45 detik
3
± 08.78 detik
4
±08.28 detik
5
±08.81 detik



Udara Menekan dari Tekanan Tinggi ke Tekanan Rendah

A.  Tujuan
Menjelaskan kegunaan udara

B.  Alat dan Bahan
1)   Lilin 2 batang yang sama
2)   Korek api
3)   Gelas
4)   Stop Watch
5)   Pring/mangkok

C.  Cara Kerja
1)   Lilin diletakkan di atas piring/mangkok dari bahan gelas.
2)   Pirimg/mangkok diisi air kira-kira setinggi 2 cm.
3)   Lilin dinyalakan, kemudian di tutup dengan gelas kaca.
4)   Nyala lilin dan permukaan air dalam gelas diamati.
5)   Hasil pengamatan dicatat pada lembar kerja.























Udara Sebagai Sumber Energi

A.  Tujuan
Mengetahui manfaat dari udara.

B.  Alat dan Bahan
1.Balon.
2.Selongsong bolpoin plastik.
              3.Gulungan kawat.
              4.Pita perekat (solatif).
              5.Gunting.
C.  Cara Kerja
1)   Balon ditiup sampai besar dan kencang, Kemudian diikat dengan karet.
2)   Selongsong bolpoin dengan balon diisolasi.
3)   Dua sisi penyangga disediakan, dapat berupa tiang, dinding atau dua buah kursi, jaraknya sekitar 1.5 meter diatur.
4)   Kawat dimasukan dalam selongsong bolpoin, kemudian alat dan  bahan disusun. Ujung – ujung kawat diikat pada kedua sisi penyangga yang dapat berupa tiang.
5)   Pangkal selongsong bolpoin ditarik sampai ujung bentangan kawat.
6)   Ikatan pengikat karet dibuka.
7)   Bentuk dan gerak balon setelah tiupannya dilepaskan diamati dan dicatat.
8)   Balon ditiup dan dilepaskan tanpa menggunakan lintasan.
9)   Gerak balon diamati dan dicatat.
10)  Variasi besar kecilnya pengaruh balon diamati.

D.  Pertanyaan
1)   Mengapa lilin yang menyala ketika ditutup gelas akan padam ? jelaskan !
2)   Bagaimana anda dapat menunjukan bahwa udara memenuhi ruangan?
3)   Bagaimana anda menjelaskan kepada siswa bahwa udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah ?
4)   Jelaskan apa yang dimaksud dengan udara sebagai sumber energi !!






E.  Jawaban Pertanyaan
1.  Lilin yang menyala ditutup gelas akan padam karena di dalam gelas    tidak ada  udara (hampa udara) sehingga membuat lilin padam.
2.  Bukti kalau udara udara seperti balon ditiup, ban sepeda dan lainnya.
3.  Udara bergerak dari tempat bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah, hal ini dibuktikan dengan padamnya lilin dalam ruang hampa udara karena udara menekan dari tekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah.
4.  Udara sebagai sumber energi, udara dapat mendorong roket keluar angkasa karena tekanan udara yang tinggi sehingga dapat mendorong roket meluncur.

Comments

Popular posts from this blog